Severn Cullis-Suzuki – Seorang Aktivis Muda Lingkungan


  

Oleh Grup Berita Amerika Serikat (Asal dalam bahasa Inggris)

Sebagai putri dari seorang ahli genetika dan aktivis lingkungan terkemuka dari Kanada, Dr. David Suzuki pernah dianugrahi Penghargaan Kepemimpinan Cemerlang Dunia oleh Guru (♥♥♥♥♥), atas upaya dan semangatnya yang luar biasa dalam melestarikan lingkungan (Silahkan merujuk pada majalah Berita #180). Severn Cullis-Suzuki adalah salah satu aktivis lingkungan yang luar biasa di dunia. Sejak kecil ia telah mempromosikan pelestarian lingkungan melalui berbagai ceramah, acara TV, dan tulisan-tulisan guna mendorong masyarakat dalam menentukan nilai diri mereka sendiri, dan bertindak dengan pemikiran yang jauh ke depan, serta menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Pada tahun 1992, ketika masih berumur 12 tahun, dia menyampaikan pidatonya kepada Konferensi Tingkat Tinggi Bumi (Earth Summit) di Rio De Janeiro, Brasil, dan mendapatkan sambutan yang sangat meriah dari para delegasi; beberapa diantaranya bahkan sampai menitikkan air mata.

 Berikut ini kutipan  pidatonya yang disampaikan pada Sidang Paripurna, Konferensi Tingkat Tinggi, Rio Centro, Brasil, 1992: (Video selengkapnya silakan mengunjungi  http://www.youtube.com/watch?v=C2g473JWAEg )

 “Halo, Saya Severn Suzuki, saya berbicara atas nama E.C.O. – Organisasi Lingkungan Anak-Anak (The Enviromental Children’s Organization). Kami adalah sebuah kelompok dari kalangan kawula muda yang berumur antara dua belas hingga tiga belas tahun, dan kami mencoba untuk melakukan sesuatu yang berbeda: Vanessa Suttie, Morgan Geisler, Michelle Quigg, dan saya sendiri. Kami datang dari tempat yang berjarak lima ribu mil dari sini dengan seluruh dana yang kami kumpulkan untuk meminta Anda, para orang dewasa untuk segera mengubah gaya hidup Anda. Saya datang ke sini dengan agenda yang jelas. Saya berjuang untuk masa depan saya. Kehilangan masa depan tidak sama dengan kehilangan suara dalam pemilihan umum atau kehilangan beberapa angka atas nilai saham di bursa saham. Saya berbicara di sini untuk kepentingan generasi penerus. Saya berbicara di sini atas nama anak-anak yang kelaparan di seluruh belahan dunia yang tangisannya tidak pernah terdengar. Saya berbicara di sini untuk kepentingan hewan-hewan yang tidak terhitung jumlahnya yang mati sia-sia di planet bumi ini karena tidak ada tempat untuk hidup. Saya sekarang takut terkena sinar matahari karena adanya lubang pada lapisan ozon. Saya takut bernafas karena tidak tahu jenis kandungan kimia apa saja yang ada di dalam udara. Biasanya saya pergi memancing di Vancouver, di dekat rumah saya dengan ayah saya; dan dalam beberapa tahun ini kami menemukan banyak ikan yang terkena kanker. Dan sekarang, kami juga mendengar tentang hewan serta tanaman yang mengalami kepunahan setiap harinya – hilang untuk selamanya.”

“Saya sadar bahwa saya hanyalah  seorang anak kecil. Kita semua adalah bagian dari sebuah keluarga yang beranggotakan 5 miliar jiwa, dengan 30 juta jenis rumpun. Kenyataan ini tidak dapat dibatasi oleh perbatasan dalam pemerintahan atau batasan negara. Saya sadar bahwa saya hanyalah seorang anak kecil, kita semua bersama di jalur ini dan kita seharusnya bertindak ke depan untuk mewujudkan satu dunia dengan satu tujuan. Kemarahan saya tidak membuat saya membabi-buta, dan ketakutan saya tidak membuat saya kehilangan keberanian untuk mengungkapkan apa yang saya rasakan!”  

“Saya sadar bahwa saya hanyalah seorang anak kecil, jika semua uang untuk peperangan digunakan untuk menangani masalah lingkungan, kemiskinan, dan menangani berbagai masalah, maka bisa dibayangkan bahwa dunia ini akan menjadi semakin indah!”

“Andalah yang menentukan masa depan dunia. Para orang tua seharusnya dapat menghibur anak-anaknya dengan mengatakan “segalanya akan berjalan dengan baik,” ” ini bukan akhir dari dunia,” dan “kita harus berbuat sebaik mungkin.” Tetapi saya kira Anda tidak akan sanggup mengatakan itu semua kepada kami. Apakah kami ada di dalam daftar prioritas Anda? Ayah saya selalu berkata, “Kamu dinilai dari apa yang kamu kerjakan, bukan dari apa yang kamu ucapkan.” Nah, apa yang Anda kerjakan ternyata membuat saya menangis pada malam hari. Anda orang-orang dewasa berkata bahwa Anda mencintai kami, tetapi saya meragukan ucapan itu, untuk itu mohon bertindaklah sesuai dengan apa yang Anda ucapkan. Terima kasih.”

Satu tahun kemudian, beliau menerima Penghargaan Kehormatan Global 500 Roll dari Program Lingkungan  Perserikatan Bangsa-Bangsa pada sebuah pesta perayaan di Beijing, China.

Pada tahun 2002, ia menjadi pembawa acara pada beberapa acara TV, termasuk acara Pencarian Alamnya Suzuki ( Suzuki’s Nature Quest) di Discovery Channel. Dia dan teman-temannya juga menyampaikan sebuah ikrar dengan menyebutkan Pengakuan Tanggung Jawab (Recognition of Responsibility) terhadap Konferensi Tingkat Tinggi PBB pada tahun 2002 di Johannesburg untuk menunjukkan bahwa Amerika Utara sangat peduli dengan masalah lingkungan.

Komitmen  Severn Suzuki untuk melindungi planet yang indah ini, bukan hanya untuk kepentingan kita saja, tetapi juga untuk generasi penerus kita, kedua-duanya sangat menyentuh dan memberikan inspirasi. Pesan-pesannya semakin relevan dengan situasi saat ini ketika kesadaran, tanggung jawab, dan tindakan dari diri kita sangat dibutuhkan. Terima kasih Severn atas keteladananmu yang luar biasa, baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa.

 

Tagged with:
Posted in Tokoh & Pristiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,145 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: