Golok Raksasa, Terbesar di Dunia


SERANG – Golok sangat identik dengan senjata yang biasa terselip di pinggang jawara silat. Namun, di era modern ini, sebuah golok raksasa sengaja diciptakan sebagai ikon daerah.

Golok seberat 2 ton dengan panjang 7,1 meter dan lebar 67 cm itu, kini diletakkan di Desa Citaman, Ciomas, Serang, Banten. Hmm, cukup menciutkan nyali bukan?

Golok raksasa ini memiliki kekhasan tersendiri. Gambar kepala tokoh pewayangan Arjuna dipilih sebagai corak khas di gagang golok. Sedangkan di badan golok tampak beberapa garis lekukan yang membuat golok raksasa ini semakin terlihat indah.

Sesuai ukurannya, pembuatan sarung golok ini pun menyesuaikan badan golok. Menurut pandai besi atau empu pembuat golok, Muhaemin, sarung golok raksasa ini terbuat dari batang pohon mahoni raksasa.

Niat awal pembuatan golok raksasa ini bertujuan untuk memperkuat citra kota Banten sebagai daerah yang cukup ngetop dengan goloknya. “Sayang semangat pembuatan golok ini tak diimbangi dengan perawatan yang baik,” ujar Empu Muhaemin.

Golok raksasa ini, kini hanya terongok di sebuah kereta tua dalam gundang usang. Padahal golom yang dibuat tiga tahun lalu ini sempat meraih penghargaan dari museum rekor Indonesia (Muri) dengan kategoro golok terbesar di dunia.(Bayu Adi Wicaksono/Global/pie)

Posted in Tahukah Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: