Dari 277 PTS di Sumut-NAD 40 % Kualifikasi Baik, 30 % Sedang dan 30 % Rendah


Balige (SIB)
Kordinator Kopertis Wilayah Sumut-NAD Pror Dr Zainuddin MPd mengungkapkan, dari 277 perguruan tinggi swasta (PTS) yang berada di wilayah Sumut-NAD hanya 40 persen yang masuk kategori dengan kualifikasi baik, 30 persen kualifikasi sedang dan 30 persen lagi masuk kategori dengan kualifikasi rendah.
Terkait hal itu, Kopertis akan melaksanakan tugas pengawasan, pengendalian dan penindakan (wasdaldin) agar PTS-PTS yang kurang baik bisa meningkatkan kualitasnya demi peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia. “Saat ini kualitas SDM Indonesia 50 persen masih sangat rendah,” kata Zainuddin dalam sambutannya pada acara Wisuda & Dies Natalis ke-7 Politeknik Informatika DEL di Sitoluama, Tobasa, Sabtu(6/9).
Terkait tugas wasdaldin itu Kordinator Kopertis memberi apresiasi sekaligus salut kepada Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan yang bisa mengelola Politeknik Informatika DEL yang bisa dikategorikan sebagai Politeknik swasta terbaik di Indonesia. Selain kualitas kampusnya sangat modern, juga manajemen pengelolaan dan dosennya berstandar internasional sehingga sangat mendukung kualitas mahasiswa.
“Sebagian besar wisudawan ini pun sudah ada yang menerima untuk bekerja di bursa kerja internasional. Jenderal Luhut Panjaitan memiliki komitmen tinggi membangun daerah. Kita berharap bagaimana menumbuhkan sikap dan upaya-upaya bagi tokoh-tokoh yang sukses untuk membangun SDM. Kita juga mengucapkan terima kasih untuk proses belajar di PI DEL yang terbaik saya sangat salut. Andaikata setiap wisuda dihadiri para Menteri alangkah bahagianya wisudawan karena dimotivasi,” ujarnya.
Menurut Zainuddin, sesuai data Bank Dunia, salah satu kualitas SDM ditentukan atau tolak ukurnya adalah taks income atau pendapatan perkapita masyarakat. Sesuai Bank Dunia itu lanjutnya, Indonesia masuk dalam kelompok developing country dengan pendapatan perkapita masyarakatnya masih sangat rendah 1500 dollar AS per tahun.
Malaysia sendiri katanya sudah mencapai 7500 dollar AS per tahun, Singapura 15.000 per tahun, Jepang 16.000 per tahun dan negara dengan pendapatan perkapitan tertinggi di dunia yang mencapai 30.000 per tahun. “Kalau mau jadi negara maju, atau setidaknya meninggalkan negara sedang berkembang, Indonesia harus mengejar pendapatan perkapita masyarakatnya menjadi 5000 pertahun,” katanya.
Terkait perannya lanjut Zainuddin, Kopertis juga siap membantu pembinaan manajemen perguruan tinggi swasta yang ada dan memberi bea siswa kepada para mahasiswa. (M-17/u)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,204 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: