SMP Negeri 9 Binjai Juara Lomba Perpustakaan Terbaik


Binjai (SIB)
Sekolah boleh di kampung, tapi tak boleh kampungan. Motto itu nampaknya sangat pas ditujukan kepada SMP Negeri 9 Binjai. Lokasi sekolah di Jalan Gunung Bendahara Kelurahan Pujidadi Kecamatan Binjai Selatan memang berada di pinggiran Kota Binjai yang amat kental dengan suasana kampung dan dikelilingi banyak ladang penduduk. Namun, soal prestasi sekolah ini patut diacungi jempol. Prestasi terbaru yang berhasil diukir SMP Negeri 9 adalah juara pada lomba perpustakaan SLTP untuk tingkat Sumatera Utara.
Kepala SMPN 9 Binjai H Muslim SAg didampingi Kepala Perpustakaan Dra Hayani MPd yang ditemui, Senin mengatakan, keberhasilan meraih juara lomba perpustakaan SLTP terbaik tidak lepas dari kerja keras selama ini dalam mensosialisasikan minat baca dan minat ke perpustakaan di kalangan pelajar sekolah tersebut. Untuk itu setiap siswa diwajibkan meminjam buku minimal satu kali seminggu. Bagi siswa yang meminjam dan membaca buku terbanyak setiap semester, maka sewaktu pembagian rapor akan diberikan hadiah dan piagam dari kepala sekolah.
Menurut Muslim, upaya untuk menghadirkan perpustakaan yang berkualitas dan menumbuhkan minat baca terus dilakukan mengingat membaca merupakan kegiatan yang murah dan bermanfaat. Apalagi siswa sekolah ini umumnya berasal dari keluarga sederhana sehingga untuk menggapai prestasi agak sulit bersaing dengan siswa – siswa dari sekolah elit.
“Ibaratnya kalau di sekolah lainnya di setiap kelas hanya satu orang yang tidak ikut les, di sekolah kami hanya satu orang yang ikut les,” kata Muslim membuat perbandingan.
Saat itu perpustakaan SMPN 9 Binjai memiliki 4.508 buku terdiri dari 3.193 judul ditambah pinjaman buku sebanyak satu peti dari perpustakaan propinsi yang diberikan setiap tiga bulan melalui program Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LPTS). Selain itu pembinaan teknis dan administrasi secara berkala diberikan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Binjai. Ke depan, Muslim berharap agar bantuan buku untuk perpustakaaan SMPN 9 semakin diperbanyak, juga adanya petugas yang berlatar belakang pengelolaan perpustakaan.
Sementara itu, Kepala Kantor Perpustkaan dan Arsip Daerah Kota Binjai Drs H. Ikut Tarigan mengatakan keberhasilan perpustakaan SMPN 9 meraih juara pada lomba perpustakaan SLTP terbaik tingkat Sumut sangat membanggakan dan menjadi pendorong untuk meningkatkan minat baca masyarakat.
Menurut Ikut Tarigan, budaya lisan atau ngobrol harus diubah ke budaya tulisan atau membaca. Untuk itu pihaknya telah menggelar sosialisasi peningkatan budaya baca, memotivasi minat baca masyarakat melalui kelompok baca dan memberi hadiah kepada pelajar yang terbaik membaca buku. Pada 24 Juli lalu juga telah diserahkan bantuan rak dan buku bacaan ke perpustakaan Detasemen A Brimob Binjai. (M25/h)

Posted in Prestasi
One comment on “SMP Negeri 9 Binjai Juara Lomba Perpustakaan Terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: