Tahun 2009 Biaya Pendidikan di Sumut Gratis


MEDAN–MI: Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara merancang pendidikan gratis untuk tingkat SD dan SMP pada tahun 2009, dengan demikian diharapkan tidak ada lagi kasus putus sekolah di daerah itu.

Program pendidikan gratis bagi siswa SD dan SMP itu sudah disepakati seluruh Disdik se-Sumatera Utara, sesuai hasil Rapat Koordinasi Dinas Pendidikan di Sidikalang 15-16 Oktober yang lalu,” kata Kasubdin Bina Program Dinas Pendidikan Sumut Rosmawaty Nadeak, di Medan, Senin.

Ia mengatakan, sempitnya waktu pada pertemuan itu membuat pembahasan program penggratisan biaya pendidikan SD-SMP masih belum tuntas seluruhnya. Namun beberapa hal sudah mengerucut, seperti sasaran programnya yang tertuju kepada siswa miskin dan alokasi dana yang mendukung program tersebut.

Tentang dana pembagiannya, 20 persen dari provinsi dan 80 persen dari kabupaten/kota, sebab yang memiliki siswa adalah kabupaten/ kota, katanya.

Terkait ‘item-item’ mana saja yang masuk dalam program tersebut, ia mengaku masih belum diperinci, namun kesepakatannya seluruh biaya pendidikan setiap siswa didik yang menyangkut biaya investasi, biaya operasi satuan pendidikan,dan biaya pribadi akan menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Belum semua bisa diselesaikan dalam pertemuan itu. Jadi, hasil rapat ini akan diteruskan Disdik masing-masing kabupaten/kota dan hasil pembahasan tersebut akan dilaporkan kepada bupati dan wali kota saat rapat koordinasi dengan gubernur,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Medan, Daswaruddin, mengatakan, program percepatan Wajib Belajar (Wajar) 9 Tahun untuk kota Medan sudah tuntas dilaksanakan.

“Kalau untuk Wajar 9 Tahun sudah tuntas, namun memang belum sepenuhnya biaya pendidikan siswa dibebaskan,” katanya.

Dalam mendukung program tersebut, Disdik Medan akan menyediakan anggaran sesuai kebutuhan siswa miskin, namun begitu mereka belum memiliki data akurat mengenai jumlah siswa miskin di sana.

“Mekanismenya nanti masih perlu dibicarakan lagi dengan sekolah dan dinas terkait agar program ini tepat sasaran,” katanya. (Ant/OL-01)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,145 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: