SMK Bukan Sekolah Posisi Kedua


SURABAYA – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Katolik Mater Amabilis kemarin (24/10) mengadakan open house. Selain mereka memperkenalkan jurusan, terdapat bazar yang dibuat dan diurusi para pelajar sendiri. Melalui kegiatan itu, mereka ingin menunjukkan bahwa SMK bukanlah sekolah kedua.

Truli Nugroho, ketua panitia open house SMK Katolik Mater Amabilis 2008, mengatakan bahwa acara tersebut adalah ajang pengenalan terhadap siswa-siswi SMP yang akan melanjutkan sekolah. Tema yang diangkat kali ini ialah kecintaan terhadap lingkungan. Sebab, dia prihatin perilaku masyarakat yang kurang memperhatikan kondisi lingkungan.

Suasana sekolah di Jalan Teratai itu kemarin cukup ramai. Banyak siswa SMP dari beberapa sekolah di Surabaya memadati halaman sekolah tersebut. Dalam open house yang dilaksanakan selama dua hari (24-25 Oktober, Red), para siswa tidak hanya disuguhi pameran-pameran jurusan yang ada di sekolah. Tapi, juga diajak mengikuti lomba bertema lingkungan hidup.

Lomba itu, antara lain, lomba membuat kue tradisional, lukis kertas, computer game, dan grafiti tembok. Dalam lomba kue tradisional dan lukis kertas, pihaknya mensyaratkan peserta agar semua bahan dan sampah tidak boleh mencemari lingkungan. Sedangkan lomba hari ini ialah tour presentation dan recycle atau daur ulang.

Program keahlian yang dipamerkan dalam open house itu adalah usaha jasa pariwisata, restoran (tata boga, Red), akomodasi perhotelan, dan tata busana. Setiap jurusan memamerkan hasil-hasil karyanya. Misalnya, siswa jurusan tata busana memamerkan pakaian-pakaian produk mereka. Begitu juga jurusan tata boga, mereka mengajarkan bagaimana membuat kue kepada pengunjung yang menghadiri acara itu.

Dalam pameran tersebut, di setiap stan terdapat beberapa trofi dan sertifikat yang dipajang. Trofi dan sertifikat tersebut merupakan milik siswa-siswa di jurusan itu yang pernah menjuarai lomba-lomba.

Truli menyatakan, pihaknya sengaja memajang semua trofi itu untuk menunjukkan bahwa SMK bukanlah sekolah posisi kedua. SMK adalah sekolah bagi mereka yang ingin cepat bekerja dengan profesional. “Prestasi anak-anak di sini banyak,” katanya. (alb/hud)

s:jawapos

Advertisements
Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 474,125 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: