Ketua Yayasan Hajjah Rachmah Nasution, H A Manan Muis


Kelola Sekolah Jangan Sekadar Bisnis

Perguruan Al-Azhar Medan saat ini cukup mendapatkan tempat di hati masyarakat. Bahkan kepercayaan masyarakat pun menobatkannya menjadi salah satu sekolah swasta terfavorit di Medan. Memasuki usianya yang hampir 24 tahun bergelut di dunia pendidikan, banyak kerikil yang harus dilaluinya agar dapat bertahan di tengah industri pendidikan yang semakin kompetitif.

Bagaimana kiat-kiat Perguruan Al-Azhar mempertahankan citranya sebagai sekolah favorit? Bagaimana pihaknya membimbing dan menghasilkan lulusan yang berkualitas? Berikut wawancara wartawan Sumut Pos, Yulhasni dengan Ketua Yayasan Hajjah Rachmah Nasution, HA Manan Muis, kemarin (8/7).

Tanggal 16 Juli 2008 Perguruan Al-Azhar Medan genap berusia 24 tahun. Artinya tahun ini, Al-Azhar menyonsong seperempat abad pengabdiannya dalam dunia pendidikan di tanah air. Apakah ada kegiatan dan program khusus yang akan dilaksanakan di Perguruan Al-Azhar Medan?

Benar, kami sedang menyonsong usia ke-25 tahun ini. Ibarat anak manusia, Al-Azhar sudah meningkat dari anak remaja ke periode orang dewasa tapi masih terhitung muda. Alhamdulillah, dalam usia menjelang seperempat abad ini, kami mampu menempatkan diri di jajaran sekolah-sekolah terkemuka di Sumut dan bahkan untuk tingkat nasional. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dan pemerintah yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dalam menyelenggarakan berbagai tingkatan pendidikan. Saat ini kami sudah mengelola unit-unit sekolah dari Play Group (PG), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Luar Biasa (SLB), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Universitas.

Oleh karena itu dalam rangka menyonsong 25 tahun Al-Azhar Medan kami akan mencanangkan suatu konsep “Pendidikan Berkualitas untuk Semua” artinya kita semua baik pemerintah maupun swasta harus memberikan pendidikan yang berkualitas kepada seluruh anak bangsa ini. Untuk itu kami mengimbau pemerintah untuk bersama-sama pihak swasta bahu membahu membangun dunia pendidikan yang berkualitas sesuai standar yang sudah ditetapkan Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Seharusnya setelah lima tahun Undang-undang itu diberlakukan, tidak ada lagi anak bangsa ini yang belajar ala kadarnya, dengan sarana yang sangat minim, kualitas guru yang sangat rendah, kurikulum yang tidak disusun dengan baik dan sebagainya.

Bagaimana rencana strategis Al-Azhar ke depan? Apakah sudah ada semacam grand desain Al-Azhar pada 25 tahun kedua ini?

Pada tahun 2004 lalu, kami sudah membuat analisa SWOT untuk mengetahui positioning dan segmentation Al-Azhar di tengah-tengah percaturan dunia pendidikan di Sumut. Dalam analisa SWOT itu kita mengkaji keunggulan, kelemahan, tantangan, dan peluang kita ke depan. Dari analisa itu kita kemudian membuat Rencana Strategis Al-Azhar 2005 – 2010 yang kami sebut juga “Visi Al-Azhar 2010” yang salah satunya memuat rencana pembanguan TK – SD Berstandar Internasional dan peningkatan kualitas dan status unit-unit sekolah yang ada di Perguruan Al-Azhar Medan. Perlu saya jelaskan bahwa TK dan SD Berstandar Internasional ini adalah satu-satunya sekolah yang diakui Departemen Pendidikan Nasional yang menggunakan kurikulum nasional tapi dengan standarisasi internasional.

Dalam hal peningkatan kualitas, seluruh unit-unit sekolah di Al-Azhar telah terakreditasi A+ oleh Badan Akreditasi Sekolah (BAS). Disamping itu pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional telah memberikan status sebagai Sekolah Nasional Berwawasan Internasional kepada SD Al-Azhar Medan, Sekolah Berstandar Nasional kepada SMP Al-Azhar Medan dan tahun ini akan menjadi Sekolah Rintisan Internasional, Sekolah Pelaksana Kurikulum PBKL (Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal) untuk SMA Al-Azhar dan Sekolah Rintisan Internasional untuk SMA Plus Al-Azhar.

Dalam usia hampir seperempat abad ini, kami menilai Al-Azhar telah tampil sebagai salah satu institusi pendidikan yang terkemuka dan bahkan menjadi yang paling favorit di Sumut. Bagaimana komentar Bapak?

Dulu ketika pada tahun 1984 saya mendirikan sekolah di lokasi ini, banyak orang yang mengatakan saya gila. Membangun sekolah kok di pinggiran kota, tempat jin buang anak, entah siapa yang mau sekolah di Al-Azhar waktu itu. Tapi dengan penuh ketekunan dan penuh keyakinan, saya bersama seluruh pengurus yayasan dan guru-guru membangun Al-Azhar dengan kerja keras. Sejak awal saya sudah menerapkan konsep “sekolah berwawasan lingkungan” dan “sekolah berkultur religius”. Konsep “sekolah berwawasan lingkungan” kita ingin menciptakan suasana belajar yang nyaman, asri dan alami. Anda bisa lihat sendiri persentase ruang terbuka di kampus Al-Azhar ini sangat besar dan banyak ditumbuhi pohon-pohon yang hijau sehingga menimbulkan suasana yang asri dan alami.

Kemudian konsep “sekolah berkultur religius” atau tepatnya bernuansa Islami. Konsep ini berawal dari keprihatinan kita melihat perkembangan ilmu dan teknologi yang demikian pesat. Disadari atau tidak perkembangan ilmu dan teknologi itu mempunyai dua sisi mata pisau yang sangat tajam. Di satu sisi dampak positifnya bisa membawa kemudahan dan kemajuan dalam kehidupan bangsa ini. Tapi dampak negatifnya, ilmu dan teknologi itu bisa merusak moral anak bangsa. Satu-satunya cara untuk mengantisipasi dampak positif itu adalah dengan menanamkan keimanan dan ketaqwaan dalam qalbu generasi muda. Kondisi inilah yang menjadi visi, misi dan tujuan pendidikan Al-Azhar Medan. Visi Al-Azhar adalah Wadah intelektual muslim dan muslim intelektual. Sedangkan Misinya adalah Melaksanakan pendidikan dengan dua muatan dan satu ciri khas khas. Pertama, bermuatan iman dan taqwa di qalbunya. Kedua, bermuatan ilmu dan teknologi dalam akal pikirannya. Sedangkan salah satu ciri khas Al-Azhar adalah berakhlakul karimah dalam mengamalkan hablum minallah dan hablum minannas. Jadi kesimpulannya, berkat visi, misi dan tujuan inilah, Perguruan al-Azhar Medan ini menjadi terfavorit seperti anda katakan tadi.

Sampai sejauh mana layanan pendidikan yang dilaksanakan di Al-Azhar Medan?

Seperti saya katakan tadi, kita berusaha keras untuk memberikan pelayanan pendidikan berkualitas untuk semua contohnya untuk anak yang mengalami kelainan fisik dan mental kita ada SLB. Selain menyelenggarakan berbagai unit sekolah kita juga memberikan berbagai macam pelayanan kepada anak didik. Di hampir unit sekolah kita punya layanan pendidikan kelas reguler untuk anak-anak yang kemampuannya normal, ada plus atau unggulan untuk anak-anak berbakat istimewa (BI), ada akselerasi untuk anak-anak cerdas istimewa (CI) dan ada bilinggual untuk anak-anak yang mempunyai kemampuan bahasa asing (Inggris) yang baik.

Sebenarnya apa resep Bapak memimpin Al-Azhar sehingga Al-Azhar mampu memenangkan persaingan di antara beberapa institusi pendidikan yang sudah lebih dahulu muncul?

Manjadda wa jadda. Ini adalah pribahasa Arab yang artinya kira-kira barang siapa yang bekerja sungguh-sungguh dan diiringi keyakinan yang tinggi, Insya Allah akan berhasil. Jadi motto inilah yang menjadi pegangan saya dalam mengelola Perguruan Al-Azhar Medan ini. Selain itu dalam memimpin Al-Azhar kami menerapkan “Tiga Prinsip Kepemimpinan Al-Azhar Medan” yaitu Keteladanan, Komunikasi dan Pengawasan.

Sekarang ini ada kecenderungan sekolah swasta mencoba meningkatkan kualitas pendidikannya dengan sistem sekolah terpadu, kelas internasional, dan lain-lain. Apa komentar anda soal ini?

Itu sah-sah saja. Kita sangat mendukung kalau semua institusi pendidikan di daerah ini berlomba-lomba meningkatkan kualitasnya. Soal caranya, ya terserah masing-masing sekolah.

Akhir-akhir ini banyak sekolah yang terkesan sangat berorientasi bisnis, apakah ini sudah mengarah kepada industri pendidikan? Apakah ini tidak membahayakan tujuan dari pendidikan itu sendiri?

Itu tergantung niat orangnya. Kalau niatnya memang bisnis yang dia dapatkan tentu hanya keuntungan saja. Tapi mengelola sekolah juga harus ada nilai sosial kemasyarakatannya. Tidak bisa hanya memikirkan bisnis semata.

Hasil UN SMP, SMA dan UASBN SD tahun 2008 kemarin, Al-Azhar Medan nampaknya sangat gemilang dengan lulus 100 persen di semua tingkatan sekolah. Apa kiat Perguruan Al-Azhar Medan untuk selalu sukses dalam UN dan UASBN?

Alhamdulillah prestasi UN dan USBN kita sangat memuaskan. Beberapa tahun terakhir ini kita dinilai sukses dalam UN dan masuk klasifikasi A. Kiatnya, seluruh jajaran harus bekerja sesuai ketentuan yang berlaku. Tidak ada dan tidak boleh neko-neko. Seorang guru harus menuntaskan program belajar dan mengajarnya. Artinya seluruh materi pelajaran harus dituntaskan. Bila hal ini dilakukan, Insya Allah anak-anak siap mengikuti UN dan UASBN.

Menurut pakar pendidikan, rendahnya tingkat kelulusan siswa di Medan karena faktor kualitas guru yang rendah dan sarana yang tidak memadai. Bagaiman Al-Azhar menyikapi hal ini?

Kualitas guru memang salah satu faktor penting dalam menyukseskan pembelajaran. Oleh karena itu kita mempunyai mekanisme atau prosedur tersendiri menyangkut guru. Mulai dari rekrutmennya, sampai pada pelatihan dan peningkatan kualitas guru. Seorang guru Al-Azhar harus mempunyai kriteria tersendiri. Kemudian ada pelatihan khusus guru yang kita adakan rutin setiap semester. Ada pelatihan dan workshop tingkat nasional dan internasional. Kita rutin mengirim guru untuk mengikuti pelatihan baik di Jakarta maupun di luar negeri.

Adakah rencana Perguruan Al-Azhar Medan mengembangkan sayap di daerah-daerah tingkat dua atau di provinsi lain?

Tentu ada, tapi kita melihat dulu situasi dan kondisinya. Saat ini kita baru mengembangkan diri di Kabupaten Deliserdang, tepatnya di Desa Percut. Di sana kita bangun sebuah unit sekolah baru dengan nama SMP Ar-Rahman Percut.(*)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: