36 Siswa Indonesia Raih Medali Matematika Internasional


JAKARTA — Para pelajar Indonesia berhasil meraih tiga medali emas, 16 medali perak, dan 30 medali perunggu pada ajang Kompetisi Matematika Internasional atau International Mathematic Competition (IMC) 2008 yang diselenggarakan di Chiang Mai, Thailand pada 25-30 Oktober 2008. Peroleh medali itu menempatkan Indonesia pada posisi tiga setelah Cina dan Taiwan.

”Peringkat Indonesia berada di atas tuan rumah Thailand. IMC 2008 diikuti oleh 580 siswa dari 25 negara. Pada ajang ini, Indonesia mengirimkan sebanyak 38 siswa dan sebanyak 36 siswa berhasil meraih medali,” ujar Direktur Pembinaan Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Depdiknas Mudjito, dalam siaran persnya, Senin.

Menurut Mudjito, para peserta yang dikirim dalam ajang ini adalah alumni International Mathematic and Sciences Olympiad (IMSO)for Primary School 2005 dan sebagian lagi adalah calon peserta IMSO 2008, yang akan diselenggarakan pada 8 sampai dengan 14 November 2008 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. ”Dibanding prestasi tahun lalu, tahun ini cukup menanjak. Hampir semua mendapatkan medali,” jelasnya.

IMC dibagi menjadi dua divisi, yakni tingkat usia 13 tahun atau setingkat sekolah dasar (TEMIC) dan tingkat usia 16 tahun atau setingkat sekolah menengah pertama (TIWYMIC). Pada divisi TEMIC kategori individu tim Indonesia meraih dua medali emas, delapan medali perak, dan 20 medali perunggu, sedangkan pada kategori tim berhasil meraih satu medali emas dan satu medali perak.

Pada divisi TEMIC kategori individu medali emas dipersembahkan oleh Fransisca Susan, siswi SMP Santa Ursula Jakarta dan Christa Lorenzia, siswi SMPK Tirta Martha BPK Penabur Jakarta. Adapun medali perak diraih oleh Henry Jayakusuma, siswa SD PL Bernardus Jawa Tengah, Peter Tirtowijoyo Young, siswa SMP Petra I Surabaya, Stevano Chiesa Suryanto, siswa SD Santa Theresia Jakarta , Richard Akira Heru, siswa SMP PL Domenico Savio , Semarang Jawa Tengah. Nicholas Tarino, siswa SMP Kanisius Tangerang, Kevin Christian Wibisono, siswa SDK 10 Penabur DKI Jakarta, dan Edwin Suyitno, siswa SD Kristen Kalam Kudus, Surakarta, Jawa Tengah.

Fransisca, peraih medali emas kategori individu, mengaku belajar matematika sejak taman kanak-kanak. Setelah itu, dia mulai aktif mengikuti berbagai perlombaan sejak kelas III SD. Pada ajang ini, dia berhasil meraih posisi tiga dari 224 peserta lainnya. ”Matematika menyenangkan, lebih banyak logikanya,” katanya.

Sementara, Christa, adalah siswa Indonesia satu-satunya yang berhasil meraih medali emas untuk kategori individu dan tim. ”Saya senang sekali, tidak menyangka dapat emas padahal saingannya banyak,” jelasnya.eye/ya

Posted in Prestasi
Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: