Bank Dunia Kucurkan Hibah Pendidikan US$ 51 Juta


TEMPO Interaktif, Jakarta: Sebanyak 50 kabupaten dan kota di Indonesia menerima dana hibah Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan Dasar atau Basic Education Capacity Trust Fund (BEC-TF) sebanyak Euro 39 juta atau setara US$ 51 juta (sekitar Rp 548 miliar).

Program yang dikelola oleh Bank Dunia ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah agar dapat meningkatkan pengelolaan dan mutu pendidikan dalam konteks desentralisasi.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama Program BEC-TF dilakukan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Suyanto bersama 25 orang perwakilan pemerintah daerah kabupaten/kota penerima bantuan tahap pertama 2008 di Kantor Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, Kamis (30/10). Acara disaksikan perwakilan dari Bank Dunia, Komisi Eropa, dan Pemerintah Belanda.

Program ini didanai Pemerintah Belanda sebanyak Euro 22 juta dan Komisi Eropa sebanyak Euro 17 juta. Sebagai bentuk komitmen dalam pelaksanaan program, pemerintah kabupaten/kota terpilih menyediakan dukungan berupa dana pendamping dan tim teknis.

Kabupaten/kota terpilih penerima program BEC-TF tahap pertama berasal dari enam provinsi, yakni Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Papua, dan Papua Barat.

Suyanto menyatakan program yang didanai Komisi Eropa dan Pemerintah Belanda melalui Bank Dunia ini merupakan program pertama yang menggunakan Sector Wide Approarch (SWap) menuju suatu wadah yang lebih besar lagi disebut Education System Improvement and Sector Wide Approach (SISWA).

“Melalui wadah SISWA, pemerintah diharapkan mampu mengelola secara lebih efektif dan efisien dalam investasi di sektor pendidikan yang datang dari berbagai donor untuk membantu Indonesia dalam mencapai prioritas pembangunan di bidang pendidikan,” tuturnya.

Program untuk mendukung rencana strategis pendidikan di Indonesia ini, lanjut dia, akan dilaksanakan dalam jangka waktu lima tahun mulai 2008 sampai 2012. “Program ini juga untuk memfasilitasi program-program kerja sama bilateral dan multilateral yang mendukung peningkatan pendidikan dasar,” katanya.

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,204 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: