Universitas Borneo jadi Perguruan Tinggi Negeri


TEMPO Interaktif, Tarakan: Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Fasli Jalal menyatakan, Jumat (12/9), pemerintah akan menganalisis permintaan daerah menjadikan Universitas Borneo di Tarakan, yang saat ini masih berstatus perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri.

Analisis akan dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Departemen Keuangan dan Sekretariat Negara. Direncanakan proses ini selesai pada 2009.

Secara prinsip, ia menjelaskan, pengalihan status perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri menguntungkan pemerintah. Pasalnya, lanjut dia, pemerintah mendapatkan hibah langsung berupa lahan, sumber daya manusia, mahasiswa dan program belajar.

“Meski begitu tidak bisa begitu saja disetujui,” katanya saat ditemui di sela kunjungan Menteri Pendidikan Nasional ke Kalimantan Timur. Pengalihan status Universitas Borneo, Tarakan, diperlukan karena kota itu terlalu jauh dari Samarinda, tempat perguruan tinggi negeri terdekat, Universitas Mulawarman, berada.

“Sangat jauh dari Kota Tarakan, lagipula kapasitasnya terbatas,” kata Fasli. Selain itu letak Tarakan yang begitu dekat dengan Malaysia juga menjadi pertimbangan. Pemerintah, kata dia, tidak bisa membiarkan mahasiswa Indonesia kuliah di Malaysia jika alasannya lantarana keterbatasan sarana pendidikan.

Universitas Borneo di Tarakan, Kalimantan Timur merupakan satu dari tujuh perguruan tinggi negeri baru yang masih diproses pengalihan dan pembangunannya di Departemen Pendidikan Nasional. Sisanya ada di Provinsi Bangka Belitung, Kepulauan Riau (M. Raja Ali Haji), Jawa Barat (Universitas Siliwangi), Sulawesi Barat, Tegal, dan Sekolah Tinggi Inteligen.

Di Jawa Barat, jelas Fasli, jumlah penduduknya sangat besar mencapai lebih dari 30 juta jiwa. Namun, di daerah Priangan Timur belum ada PTN sehingga mahasiswa PTN di Jawa Barat membeludak.

Universitas Padjadjaran, ia memisalkan, menampung lebih dari setiap 10 ribu mahasiswa setiap tahun. “Itu kan sudah tidak sehat,” ujarnya.

Sebenarnya, kata Fasli, banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Jawa Barat, namun PTN lebih disukai masyarakat. “Sekarang sedang disiapkan Universitas Siliwangi, tahun depan sudah dimulai pembelajarannya,” tambah dia.

Reh Atemalem Susanti

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: