Disdik Kota Bandung Merger 933 SD Negeri


BANDUNG–MI: Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengurangi biaya operasional, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung akan melakukan merger 933 sekolah dasar (SD) negeri menjadi 270 SD Negeri.

Kepala Seksi Kurikulum dan Sistem Pengujian Disdik Kota Bandung, Sirojudin kepada wartawan disela-sela workshop ‘Kunci Emas Pengembangan Kompetensi Anak’ yang diselenggarakan PT Unilever di Bandung, Rabu mengatakan, meger sekolah dasar negeri itu dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun 2010.

Dia mengatakan, sekolah dasar negeri sebanyak itu tersebar di 270 titik di Kota Bandung. “Dengan pola seperti itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas anak didik dan pengawasannya menjadi lebih mudah,” katanya.

Sirojudin mengatakan, kualitas pendidikan selain ditunjang oleh prasarana yang baik, juga guru berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.

“Keberhasilan suatu kegiatan pendidikan selain dipengaruhi oleh fasilitas pembelajaran, kurikulum, iklim sekolah, juga dipengaruhi oleh kompetensi guru yang menyampaikan materi pengajaran maupun proses belajar mengajar,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Psikolog anak, Lina Muksin mengatakan, keberhasilan pembelajaran anaksangat dipengaruhi oleh pengetahuan orangtua dan guru dalam memahami dunia anak.

“Oleh karena itu orangtua dan guru harus mempunyai strategi agar menjadi idola untuk mengembangkan kompetensi anak,” katanya.

Menurut dia, langkah efektif unuk meningkatkan kompetensi anak usia sekolah dasar adalah melalui cara belajar maupun aktivitas yang menyenangkan sehingga anah merasa nyaman. “Dengan kondisi ini anak akan termotivasi dalam menghadapi tantangan demi berkembangnya kompetensi,” ujar dia. (Ant/OL-02)

Posted in Pendidikan
Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: