Jumlah Mahasiswa Sains di Indonesia Minim


Penulis : Sidik Pramono
JAKARTA–MI: Jumlah mahasiswa Indonesia yang menekuni sains saat ini masih minim. dari 4,3 juta mahasiswa di Indonesia, hanya lima persen atau sekitar 215 ribu yang mengambil jurusan sains di perguruan tinggi.

“Padahal untuk mengembangkan daya saing bangsa di bidang sains, kita setidaknya butuh 10 persen,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Fasli Jalal pada pembukaan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Perguruan Tinggi Se-Indonesia (OSN-PTI) 2008, di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Senin (3/11).

Fasli mengemukakan kurangnya peminat jurusan sains juga terlihat dari hasil ujian masuk perguruan tinggi. Biasanya, pendaftar jurusan sains jauh di bawah kapasitas yang disediakan perguruan tinggi. “Hanya eberapa perguruan tinggi saja, yang memang kapasitasnya terpenuhi,” katanya.

Di sisi lain, tambah Fasli, kemampuan sains anak-anak Indonesia juga masih tergolong

rendah, hanya sebatas pada menghafal, dan bukan menganalisis soal. Hal tersebut misalnya, merujuk pada hasil tes Program for International Student Assesment (PISA) 2003 pada siswa kelas II Sekolah Menengah Pertama (SMP) di 58 negara, yang menguji kemampuan berpikir anak-anak.

“Mereka diuji, apakah mampu berpikir kreatif atau hanya sebatas menghafal. Anak Indonesia masih berada pada level 1-4 tingkat kecanggihan berpikir, atau artinya hanya sebatas menghafal,” urai Fasli.

Pada bagian lain, Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri mengatakan, hingga kini masih ada persepsi di masyarakat, belajar sains itu menakutkan dan sulit dicerna.

“Sebab itu, persepsi tersebut perlu diubah, sehingga sains dianggap penting, menarik, dan berguna. Kita juga harus mengkampanyekan pelajaran sains karena perguruan tinggi tidak akan berkelas dunia jika mengabaikan pendidikan sains,” kata Gumilar. (Dik/OL-06)

Posted in Pendidikan
Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,204 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: