Palembang tandatangani MoU pendidikan sistem ganda


SMKN Pulau Rakyat-Auto 2000

UNTUK meningkatkan mutu dan standar ilmu pendidikan yang diterima siswa, perlu dibarengi kerja nyata melalui praktek langsung di samping pemahaman teori yang telah diberikan di bangku sekolah.

Penegasan itu disampaikan Kepala SMKN 1 Pulau Rakyat Zulfikar setelah merampungkan kerja sama antara SMKN Pulau Rakyat-Auto 2000 Palembang melalui penandatanganan kesepakan (MoU) Pendidikan Sistem Ganda, baru-baru ini.

Penandatanganan nota kesepakan (MoU) tentang pendidikan ganda antara SMKN 1 Pulau Rakyat (Asahan) dan Auto 2000 Palembang (Sumsel) terlaksana pada 27 Oktober 2008. Kerja sama ini direalisasikan dalam bentuk kesepakan bersama yang ditandatangani Kepala Bengkel Auto 2000 Palembang Sunaryo dan Kepala SMKN 1 Pulau Rakyat Drs. Zulfikar.

Zulfikar menekankan, kerja sama dan penandatanganan kesepakan (MoU) antar kedua belah pihak merupakan wujud dari program SMKN 1 Pulau Rakyat dalam meningkatkan uji kompetensi terhadap siswa dan para guru.

Isi kesepakatan meliputi Penyusunan Kurikulum, Diklat bagi guru serta Praktek Kerja Industri untuk siswa selama ini merupakan target dan rencana SMKN 1 Pulau Rakyat terhadap para siswa yang mengikuti PKL di berbagai daerah.

“Melalui kerja sama dengan Auto 2000 Pelembang ini, para siswa nantinya diharapkan mampu mengembangkan ilmu yang diperoleh di sekolah maupun untuk masa depan siswa sendiri setelah tamat dari SMKN 1 Pulau Rakyat ini,” terang Zulfikar.

Dia juga menuturkan, terbentuknya kerja sama ini tidak terlepas dari peran aktif para guru pembimbing yang telah membentuk siswanya untuk mengatahui dasar-dasar otomotif dalam mengikuti PKL di Auto 2000 Pelembang.

“Setelah selesai mengikuti PKL di Auto 2000 Pelembang ini, saya berharap para siswa mampu bersaing dengan siswa daerah lainnya. Sebab, keberadaan Auto 2000 Palembang tidak diragukan karena memiliki standar mutu nasional dalam menciptakan disiplin ilmu,” tegas Kepala SMKN 1 Pulau Rakyat itu..

Di tahap sebelumnya, SMKN 1 Pulau Rakyat telah mengirimkan siswanya untuk melakukan praktek industri di Auto 2000 Medan, Rantau Prapat, Pematang Siantar, PT. Capella Cabang Pematang Siantar dan terakhir di Auto 2000 Pelambang.

“Setiap mengikuti tahapan praktek industri di masing-masing daerah ini, para siswa SMKN 1 Pulau Rakyat menjalankan masa praktek antara 3 bulan hingga 1 tahun lamanya,” jelas Zulfikar.

Sumber:waspada online

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: