Pendidikan Dasar Harus Ditempuh Semua Anak Usia Sekolah


Langsa, (Analisa)

Pendidikan dasar merupakan langkah awal yang harus ditempuh oleh semua anak usia sekolah untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang berikut untuk mengapai cita-cita dimasa akan datang.

Jadi, sudah sewajarnya kita selalu segenap masyarakat ikut mensukseskan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Karena program wajib belajar ini mempunyai misi utama yaitu pendidikan anak-anak bangsa yang kita cintai harus menamatkan pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Demikian sambutan Walikota Langsa, Drs Zulkifli Zainon, MM saat meresmikan gedung baru SD Negeri Cinta Raja atau Mess School 3 di Desa Cinta Raja Kecamatan Langsa Timur yang dibangun Yayasan Pandangan Masa Depan Zicht Op Toekomst (ZOT) Belanda, Selasa (4/11).

Dikatakan, dewasa ini dunia pendidikan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) umumnya dan khususnya Pemko Langsa setelah dilanda konflik yang berkepanjangan serta bencana alam gempa bumi dan tsunami beberapa tahun lalu, baik secara fisik maupun non fisik mengalami keterpurukan di semua jenjang pendidikan.

“Ini semua adalah tantangan dan cobaan dari Allah SWT bagi kita maka saya mengajak semua dalam mengahdapinya tentu tidak bisa berpangkutangan atau berserah diri pada nasib untuk bangkit dan menggerakkan semua kemampuan, potensi yang kita miliki untuk membangun kembali dalam meningkatkan mutu pendidikan,” katanya.

Karena luasnya cakupan permasalahan pendidikan maka pemulihan dan peningkatan layanan pendidikan tidak mudah diselesaikan dalam waktu singkat.

Diakui, Pemko Langsa tidak mampu menanggulanginya sendiri, tanpa adanya dukungan dari masyarakat dan rekan-rekan NGO yang peduli terhadap kelangsungan pendidikan ini.

Dalam kesempatan itu, walikota dan masyarakat Kecamatan Langsa Timur khususnya mengucapkan terima kasih kepada Christine Paauwe selaku Ketua Yayasan Pandangan Masa Depan, Zicht Op Toekomst (ZOT) dari Belanda yang telah peduli terhadap dunia pendidikan khususnya di Langsa.

Christine Paauwe Meijer dalam pidato dalam bahasa Indonesia mengharapkan dengan pembangunan sekolah ini dapat meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak.

“Mudah-mudahan anak-anak di sini dapat terus bangkit untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik untuk mengapai cita-citanya ke depan nantinya,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia yang juga Camat Langsa Timur, Fahriansyah menyebutkan, pelaksanaan pembangunan gedung SD ini lebih kurang selama empat bulan dengan jumlah kelas yang difungsikan untuk proses belajar mengajar sebanyak empat kelas dengan jumlah siswa 82 orang. (dir)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: