Puluhan Perguruan Tinggi Eropa Pameran di Balai Kartini


JAKARTA–MI: Lebih dari 90 perguruan tinggi (PT) dari berbagai negara Eropa mengikuti pameran pendidikan perguruan tinggi di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (1/11) dan Minggu (2/11), untuk menawarkan program study mereka, termasuk penawaran beasiswa.

Salah seorang peserta, Ny. Harte Roemeling dari International Higher Education Breda University Netherlands, mengatakan, pihaknya setiap tahun juga selalu membuka program master dengan jalur beasiswa kepada masyarakat dunia termasuk Indonesia.

Untuk ini peminat harus mengikuti seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Pendaftar program master antara lain harus memiliki ijazah S1. Tesnya berupa kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL dengan skor minimal 550. Namun di Belanda ada tes IELTS dengan nilai 6,0. Jika sesuai persyaratan akan diseleksi ke tahap berikutnya seperti wawancara. Jurusan yang ditawarkan antara lain ilmu perhotelan, media entertainment, dan manajemen bisnis,” jelasnya.

Sementara itu Andrias Susilo, Marketing Manager United Kingdom Education dari British Council Indonesia, mengatakan, banyaknya peminat yang setiap tahun mendaftar pada pihaknya.

Program master mempunyai kesempatan untuk memilih berbagai jurusan yang ada kecuali kedokteran. “Setiap tahun peminat banyak sekitar puluhan ribu orang. Namun, sampai tahap seleksi akhir nanti hanya sekitar 30 orang yang mendapatkan kesempatan,” katanya.

Selain program master, program bachelor serta doctoral (Phd) juga di tawarkan oleh sejumlah universitas dari berbagai negara Eropa. Mereka juga mempresentasikan proses, keunggulan sarana fasilitas, dan pemilihan tempat universitas.

Dikatakan, besarnya minat untuk program master khususnya dengan jalur beasiswa, membuat persaingan sangat ketat. Lagipula peminat program master diberi kebebasan untuk memilih jurusan yang dapat ditempuh dalam kurun waktu waktu setahun atau 12 bulan.

Pameran mendapat perhatian yang besar sehingga ramai oleh pengunjung.

“Tentunya dengan pameran ini kita bisa melihat dan menambah pengetahuan bagaimana program pendidikan di berbagai negara Eropa. Selain itu semoga bisa memberikan kontribusi positif bagi sumber daya manusia Indonesia,” kata Dian Wicaksono, Asisten Manajer Pemasaran dan juga seorang lulusan International Breda University. (Ant/OL-01)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: