Sekolah Penerbang Malaysia Masuk Indonesia


Penulis : Silvia Wardini
JAKARTA–MI: Sekolah penerbang Malaysia, Integrated Training & Services (IT & S) Sdn Bhd, akan melengkapi kebutuhan jumlah pilot di Indonesia setelah resmi bekerja sama dengan sekolah penerbangan Indonesia.

Dua sekolah penerbangan Indonesia yang bekerja sama dengan Integrated Training & Services (IT&S) Sdn Bhd adalah sekolah penerbangan PT Deraya Flying School dan PT Skytrain Avia Services.

Saat ini Indonesia mengalami kekurangan pilot karena lembaga pendidikan pilot pemerintah dan swasta dalam negeri hanya mampu menyediakan kurang dari 300 pilot per tahun. Padahal, permintaan jumlah pilot baru di negeri ini setiap tahun mencapai 400 orang.

“Lolos audit kami Juli lalu, karena pertimbangan pasar yang membutuhkan banyak pilot. IT & S diharapkan dapat memenuhinya,” kata Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara Departemen Perhubungan Yurlis Hasibuan seusai menyerahkan surat pengakuan oleh otoritas penerbangan Indonesia di Jakarta, Sabtu (1/11).

Pada tahap awal IT & S menggandeng mitra lokalnya yakni PT Deraya Flying School dan PT Skytrain Avia Services. Hadir dalam kesempatan itu Dirjen Perhubungan Udara Malaysia Dato’ Azharuddin A Rahman dan Managing Director IT & S Mejar Mohd Halim Hj Aziz.

Menurut Yurlis, tidak tertutup kemungkinan otoritas penerbangan Malaysia juga akan menawarkan hal serupa dengan Indonesia. Sehingga sekolah penerbang Indonesia juga dapat masuk ke Malaysia. Negeri tetangga itu kini memiliki tujuh sekolah penerbang dengan lulusan sebanyak 100-120 orang pilot per tahun.

Dato’ Azharuddin A Rahman menambahkan, pasar Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri di kawasan Asia karena pertumbuhan sektor udaranya per tahun tidak kurang dari 20%. “Apalagi kondisinya Indonesia dan Malaysia sama-sama sedang mengalami kekurangan pilot,” ucapnya. (Slv/OL-01)

Posted in Pendidikan
Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: