Siapkan Subsidi Rp 10 Ribu Per Siswa


MOJOKERTO – Pemkab Mojokerto menyiapkan terobosan dalam bidang pendidikan. Melalui penyediaan dana pendamping bantuan operasional siswa (BOS) senilai Rp 10 ribu per siswa setiap bulan. Baik untuk siswa SD/MI, SMP/MTs maupun SMA/Aliyah.

”Semua siswa akan kita beri dana subsidi tersebut tanpa terkecuali,” kata Bupati Suwandi, kemarin. Dana tersebut tidak akan diterimakan langsung pada siswa. Melainkan akan dikelola oleh pihak sekolah. Untuk kebutuhan penunjang proses belajar mengajar.

Juga penyediaan sarana-prasarana belajar yang dibutuhkan siswa. Sehingga menjamin kelancaran proses belajar siswa. ”Intinya akan ada peningkatan kualitas belajar mengajar tanpa ada pembebanan pada siswa,” terangnya.

Lebih dari itu, keberadaan dana subsidi tersebut juga dapat digunakan untuk menciptakan model pembelajaran yang komprehensif pada siswa. Bukan hanya melalui studi indoor di kelas melainkan juga dengan pengayaan studi diluar kelas. Utamanya melalui labarotorium alam.

”Dengan adanya dana itu kita wajibkan setiap kelas untuk melakukan rekreasi ke wisata lokal minimal setahun sekali,” terangnya. Baik ke lokasi wisata religi semisal makam Troloyo, wisata alam semisal air panas Pacet maupun wisata budaya semisal situs-situs cagar budaya Majapahit yang ada di Kabupaten Mojokerto. ”Minimal agar mereka bisa paham dengan kekayaan alam dan budaya yang ada di daerahnya,” terangnya.

Sehingga bisa menjadi duta wisata informal saat mereka berada di luar daerah. ”Kalau paham tentu mereka bisa cerita,” ucapnya. Terkait kekayaan alam dan khasanah budaya yang ada di daerahnya sehingga dapat memacu orang-orang luar daerah tersebut untuk datang dan melihat secara langsung. ”Ini juga untuk pengembangan potensi wisata kita,” tandasnya.

Dengan adanya dana subsidi tersebut, dirinya berharap tidak akan ada lagi tambahan biaya yang dibebankan pada siswa khususnya untuk SD dan SMP. Lantaran sudah ada alokasi BOS dari pemerintah pusat. Juga bantuan khusus murid (BKM) untuk SMP dan SMA.

Sayangnya hingga kini dirinya belum dapat memastikan berapa alokasi dana yang diperuntukkan bagi program tersebut. ”Yang jelas mulai ajaran baru tahun depan sudah kita realisasikan,” tandasnya. Untuk itu kini rencana kegiatan anggarannya sudah mulai disusun untuk diajukan pada pembahasan RAPBD 2009. (jif/yr)

Posted in Pendidikan
Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,145 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: