Memajukan Dunia Pendidikan


BANDUNG (SINDO) – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid mengatakan,pemimpin bangsa Indonesia hendaknya memiliki komitmen kuat untuk mengangkat dunia pendidikan.

”Salah satu kriteria pemimpin adalah mereka yang memiliki komitmen kuat untuk mengangkat dunia pendidikan di Indonesia,”katanya saat memberikan ceramah umum pada acara Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan II Angkatan 23 di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jawa Barat, Jalan Kiarapayung,Kabupaten Sumedang,kemarin.

Menurut Hidayat, komitmen itu ditunjukkan dengan memberikan perhatian dan keseriusan dalam mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% untuk masyarakat Indonesia. Hal itu penting, mengingat pendidikan untuk setiap warga negara adalah amanat UUD 1945. Selain itu, kriteria lainnya untuk pemimpin masa depan bangsa adalah mereka yang mampu mengaktualisasikan agama, pendidikan,dan nilai- nilai moral pada kehidupan nyata.

Dengan begitu,apa pun yang dilakukan dalam kehidupan keseharian mengacu pada norma-norma yang berlaku. ”Termasuk pemimpin yang mampu mengayomi masyarakat,” ujarnya. Hidayat menegaskan,jika hingga sekarang ini paradigma para pemimpin Indonesia masih menganggap bahwa mereka adalah orang yang berhak memerintah,maka jangan diharapkan bangsa ini akan maju.

Sebaliknya, rakyat akan menjadi korban kebijakan yang tidak tepat. Terlebih jika pemimpin yang ada hanya sibuk dengan urusan masing-masing dengan menonjolkankelompoknya itu. ”Seharusnya mereka tidak hanya sibuk mengurusi berbagai konflik yang berkaitan dengan dirinya karena masyarakat akan terbengkalai,”lanjutnya.

Sebanyak 100 pejabat pemerintahan, baik kepada dinas, kepada biro, dan sekretaris daerah dari 16 provinsi turut serta ambil bagian dalam program pendidikan dan pelatihan kepemimpinan II yang diadakan selama 3 bulan. Mereka mengikuti pelatihan berbagai bidang mulai dari manajemen konflik, sistem administrasi,good governance, kebijakan publik,danlainnya.

”Pelatihan ini merupakan salah satu syarat kenaikan jabatan pada eselon II yang diatur dalam PP No 101 Tahun 2000 tentang Diklat Jabatan,” kata ketua Pusat Kajian PendidikandanPelatihan Aparatur I (PKP2A) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Deddy Mulyadi.Para peserta merupakan mereka yang lolos seleksi di kabupaten/kota dan provinsi masing-masing. (arif budianto)

Posted in Pendidikan
Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,065 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: