Promosi 11 Kampus di Inggris


BRITISH Council mengadakan pameran pendidikan di Hotel Sheraton Surabaya kemarin (4/11). Dalam acara itu, mereka memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa yang berminat menempuh studi di Inggris.

UK Education Officer British Council Sanni Susanti menyatakan, pameran pendidikan tersebut bertujuan mempromosikan 11 perguruan tinggi di Inggris. Selain itu, pihaknya sudah dua tahun terakhir ini tidak mengadakan pameran pendidikan di Surabaya.

Sebelas kampus peserta pameran itu adalah University of Birmingham, Aston College, INTO University Partnership, University of Manchester, Manchester College of Art and Technology, Middlesex University, serta New Castle College. Lalu, Northumbria University, Goldsmith College-University of London, B-Tech HND-Edexcel International, dan University of Leads.

Tom Keenan, salah seorang peserta dari INTO University Partnership, mengungkapkan, INTO merupakan lembaga yang memiliki hubungan dengan lima perguruan tinggi di Inggris. Yakni, University of East Anglia, University of Exeter, Scotland at Glasgow Caledonian University, New Castle University, dan Manchester University.

INTO, kata dia, membuka jalur bagi siswa SMA kelas 2 dan 3 untuk melanjutkan studi di Inggris. Pihaknya akan melatih siswa selama sembilan bulan. Selama rentang waktu itu, siswa akan dididik pemahaman bahasa Inggris dan segala persiapan untuk menghadapi ujian masuk kampus yang diinginkan. Pendidikan tersebut berlangsung di kampus yang dipilih.

Menurut Tom, siswa yang telah menempuh pendidikan selama sembilan bulan akan mendapat gelar diploma. ”Mereka nanti bisa memilih kampus yang diinginkan untuk melanjutkan kuliah,” katanya.

Lebih jauh dia menjelaskan, siswa INTO bisa menggunakan semua fasilitas di lima kampus tersebut. Misalnya, perpustakaan, ruang baca, serta alat-alat praktikum. Selain itu, lanjut Tom, ada kursus bagi mahasiswa Indonesia yang ingin menguasai bahasa Inggris atau ingin beralih jenjang ke perguruan tinggi di Inggris.

Prasyarat untuk studi di Inggris itu, kata Tom, harus memiliki IELTS (seperti TOEFL, Red) dengan nilai 6,0 untuk mahasiswa dan 5,0 untuk lulusan SMA. Selain itu, rapor harus memiliki nilai rata-rata 7,5. Biaya pendidikan, jelas dia, rata-rata 5.000-12.000 poundsterling. Biaya hidup rata-rata 7.000-8.000 poundsterling setahun.(alb/oni)

Posted in Pendidikan
Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: