‘Software’ Lokal Kini Berdaya Saing Tinggi


JAKARTA — Krisis keuangan dunia yang berdampak pada melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, memberi berkah peningkatan daya saing produk piranti lunak (software) lokal di pasar domestik karena tidak terpengaruh gejolak mata uang dan mengandalkan sumber daya dalam negeri.

“Krisis keuangan global yang juga berdampak terhadap kenaikan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah menyebabkan harga barang impor, termasuk software meningkat, sehingga daya saingnya melemah dan mendongkrak daya saing produk lokal,” ujar Chairman PT Zahir International, Fadil Fuad Basymeleh, pengembang software lokal, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah mendongkak daya saing software yang dikembangkannya yaitu Zahir Accounting. Produknya menjadi lebih murah dibandingkan software impor, sehingga Fadil optimis penjualan software lokal akan semakin meningkat di tengah krisis.

“Selama ini, harga Zahir Accounting sangat murah dibandingkan produk impor. Apalagi dengan perubahan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah, membuat harga produk kami relatif makin terjangkau,” ujarnya.

Zahir Accounting, kata dia, dijual dengan kisaran harga Rp999 ribu sampai Rp15 juta. Sedangkan produk asing harganya di atas itu bahkan hingga ratusan juta rupiah.

Apalagi, lanjut Fadil, di tengah krisis umumnya para pengusaha enggan berinvestasi besar di bidang teknologi informasi (TI), sehingga software lokal seperti Zahir Accounting memiliki peluang mendapatkan pasar lebih besar di dalam negeri.
“Harga software kami menjadi relatif sangat terjangkau dibandingkan software impor. Kalaupun ada risikonya, relatif kecil,” ujarnya.

Ia menilai keunggulan software lokal sangat mengerti karakter bisnis, terutama untuk kalangan usaha kecil dan menengah (UKM) yang menjadi pasar utamanya, dibandingkan software impor. “Software asing belum tentu sepenuhnya cocok untuk UKM di Indonesia,” kata Fadil.

Zahir International didirikan tahun 1996, dan hingga saat ini Zahir Accounting telah dipakai lebih 7.500 UKM, baik yang sifatnya lokal maupun yang berafiliasi dengan perusahaan mancanegara. Zahir juga telah mendapatkan berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional sebagai software akuntansi terbaik.

Lebih jauh Fadil mengatakan pihaknya juga semakin optimis akan meraih pertumbuhan pendapatan di tengah krisis saat ini, karena tidak tergantung pada pasar ekspor di Amerika Serikat maupun Uni Eropa.

Zahir, kata dia, konsentrasi membidik pasar UKM di dalam negeri yang masih mampu tumbuh di tengah krisis. “Potensi UKM di Indonesia sangat luar biasa, mencapai puluhan juta unit usaha dan mampu bertahan di tengah krisis sekalipun,” katanya.

Apalagi Fadil melihat dalam dua bulan terakhir pendapatan perusahaannya terus meningkat yang dinilainya sebagai bukti produk lokal akan semakin berjaya di tengah krisis keuangan global saat ini. ant/is

Posted in Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: