Belum Semua Sekolah Setor DNS Unas


SURABAYA – Uji daftar nominasi sementara (DNS) untuk kepentingan penyelenggaraan ujian nasional (unas) jenjang SMA telah dilakukan kemarin (11/11). Melalui uji tersebut, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya nanti dapat memetakan sekolah-sekolah yang berhak menyelenggarakan unas 2009.

Kepala Dispendik Surabaya Sahudi menyatakan, uji DNS untuk SMA kali ini diperketat. Tujuannya, mengantisipasi adanya pemalsuan data-data oleh pihak sekolah. Misalnya, sekolah yang tidak memiliki izin operasional dan sekolah yang memiliki siswa mutasi, tetapi belum mendapatkan izin dari Dispendik. Menurut Sahudi, sekolah-sekolah seperti itu menyalahi aturan. Sebab, seharusnya sekolah tersebut tidak bisa beroperasi tanpa izin operasional.

”Apalagi jika mereka mau mendaftar sebagai penyelenggara unas, kan jelas-jelas tidak bisa,” ujarnya. Dispendik tidak mau kecolongan seperti tahun lalu. Dalam penyelenggaraan unas tahun lalu, ada satu sekolah yang izinnya telah habis pada 1996, tetapi masih bisa menyelenggarakan unas.

Sekolah tersebut kini diputihkan. Namun, sekolah itu belum menyerahkan berkas perpanjangan izin operasional. Namun, Sahudi tidak mau menyebut nama sekolah tersebut.

Sementara itu, dalam pemeriksaan di SMAN 1 dan SMAN 2 kemarin (11/11), tiap-tiap sekolah memeriksa berkas sekolah lain. Mulai jumlah siswa, izin operasional, akreditasi, hingga administrasi. Untuk dapat menyelenggarakan unas, sekolah setidaknya harus memiliki 40 siswa kelas III. Untuk bisa menjadi kepala subrayon, sekolah harus terakreditasi A.

”Di antara 22 sekolah negeri di Surabaya, hanya satu yang terakreditasi B. Sekolah itu sekarang sedang mengurus kenaikan akreditasi,” terang Sahudi.

Dia menambahkan, baru 121 di antara 154 SMA di Surabaya yang berkas DNA-nya sudah masuk ke Dispendik. Sedangkan 33 sekolah lainnya belum mengurus.

Dispendik memberikan waktu hingga seminggu untuk 33 sekolah yang belum menyerahkan berkas DNA. Jika dalam waktu tersebut mereka masih belum menyerahkan berkas, para siswanya harus nunut ke sekolah lain untuk bisa mengikuti unas. (sha/hud)
jawa pos.com

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: