Dana Sekolah Gratis di Bandung Segera Dicairkan


BANDUNG, KAMIS – Dana sekolah gratis di Kota Bandung akan segera dicairkan dalam beberapa pekan ke depan. Hingga menunggu cairnya dana, kepala-kepala sekolah diminta bersabar. Keterlambatan dana jangan dijadikan alasan sekolah kembali memungut biaya dari masyarakat.

Demikian ditegaskan Pelaksana Tugas Wali Kota Bandung Edi Siswadi ditemui, Kamis (17/7). Ia dimintai keterangannya terkait keterlambatan pencairan dana bantuan wali kota untuk siswa (Bawaku) yang menjadi salah satu sumber biaya sekolah gratis.

Secara prinsip, ungkapnya, pencairan dana Bawaku ini tidak lagi perlu menunggu proses panjang dan berbelit. Tinggal proses administratif saja. “Kalau permohonannya itu sudah sampai di meja saya, dalam beberapa hari pasti langsung dicairkan. Layaknya dana hibah, tidak perlu proses panjang lagi,” tuturnya.

Ia memaklumi keterlambatan ini bisa saja disebabkan proses verfikasi data calon penerima bantuan yang masih disusun Dinas Pendidikan. Namun, ia berharap secepatnya nota itu diajukan agar segera bisa dicairkan. Mengingat, tahun ajaran baru sudah dimulai sejak pekan ini. Beberapa minggu ke depan mudah-mudahan sudah bisa cair, tuturnya.

Meskipun memahami kesulitan keuangan di sekolah-sekolah yang digratiskan, ia tetap melarang adanya pungutan. Mengingat kegia tan belajar mengajar baru berjalan beberapa hari, sekolah diyakini mampu menalangi pembiayaannya. Sekolah yang terbukti memungut akan diberi sanksi tegas berupa pencopotan jabatan kepalanya dan pencabutan dananya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Disdik Kota Bandung Oi Mahroji mengatakan, pencairan dana Bawaku tidak bisa serta merta cepat dilakukan. Namun, ia menjamin, jika dana itu bisa dicairkan selambat-lambatnya akhir Juli. Tidak Agustus seperti yang telah dikhawatirkan banyak kepala sekolah. Dana ini tidak mungkin cair sebelum ajaran baru. “Sebab, kan masih perlu dicocokkan dengan data siswa baru,” ucapnya.

Sebelumnya, beberapa kepala sekolah mengkhawatirkan keterlambatan pencairan dana ini. Mengingat, pada saat bersamaan, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pun terlambat dicairkan. Akibatnya, sekolah digratiskan tidak punya dana untuk menjalankan operasional sekolah. Pengelola sekolah terpaksa melakukan beberapa trik diantaranya menggunakan dana talangan atau berhemat .

Untuk listrik dan air ya terpaksa dicarikan pinjaman dulu. Pakai dana pribadi. “Ya semoga secepatnya bisa cair,” ucap Bani. Yang disesalkannya, dana BOS sebesar Rp 220 ribu per tahun per siswa yang ikut jadi andalan pembiayaan operasional juga belum cair. Di awal tahun ajaran baru ini, dana BOS memang kerap telat dicairkan karena menunggu laporan definitif siswa baru dari daerah.

Tangguhkan gaji guru

Yang jadi soal, sekolah tidaklah boleh memungut dana dari siswa. Sehingga, tidak ada sumber dana lain. Jika pencairan masih berlarut-laru t, ucapnya, sekolah pun terpaksa melakukan penghematan, salah satunya menangguhkan gaji guru honorer serta insentif khusus guru PNS. Komponen kesejahteraan guru ini menyedot 30 persen dari total APBS (anggaran pendapatan belanja sekolah) senilai Rp 67 jut a per tahun di sekolah ini.

Kepala SMA Pasundan 6 Khalid Kusnadi mengatakan, program sekolah gratis ini telah banyak membantu meningkatkan minat masyarakat di sekolahnya. Namun, ia pun ikut khawatir, jika dana Bawaku itu tidak segera dicairkan, kegiatan op erasional sekolah akan terganggu. Apalagi, di tingkat SMA tidak ada dana BOS untuk menutupi anggaran. Sehingga, alokasi dana Bawaku senilai Rp 1,2 juta per tahun per siswa menjadi tumpuan utama pendanaan.
sumber:kompas.com

Posted in Pendidikan
One comment on “Dana Sekolah Gratis di Bandung Segera Dicairkan
  1. @ahmad says:

    awas perlu pengawasan yang ketat neh biar ga banyak bocor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,142 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: