90 Persen Lembaga Pendidikan Mutunya tidak Bagus


JAKARTA–MI: Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di era Soeharto, Wardiman Djojonegoro memandang lembaga pendidikan yang ada di Indonesia saat ini belum semuanya memenuhi standar.

“Dari sekian banyak sekolah yang mutunya bagus itu hanya 10 persen, sisanya 90 persen masih belum memenuhi mutunya,” jelasnya di Jakarta, Kamis (20/11).

Menurutnya, bidang pendidikan di Indonesia masih banyak yang perlu dikejar. Masih banyak anak usia sampai 15 tahun yang dapat mengenyam pendidikan dasar, SD dan SMP. “Sedangkan ukuran negara yang peduli pada rakyatnya dapat dilihat dari pendidikan dasar yang disediakan,” tegas Wardiman.

Dibandingkan dengan negara-negara tetangga, Wardiman menambahkan, pendidikan di Indonesia masih jauh di bawah mereka. “Jumlah mahasiswa kita yang jenjangnya D1 sampai S1 itu kira-kira masih 15 persen, sedangkan di Korea sampai 36 persen. Inikan jauh, padahal levelnya sama-sama merdeka,” kata Wardiman mencontohkan.

Dirinya melihat pemerintah belum memandang pendidikan sebagai priorotas utama. Pandangan ini berdasar atas pengetahuannya mengenai prioritas utama pemerintah yang terfokus pada pengentasan pengangguran.

“Pemerintah sendiri mengatakan itu, ada 1001 hal yang perlu dipikirkan, kalau kita lihat itu program pemerintah nomer satu apa, itu pengangguran jadi bukan pendidikan,” ungkapnya.

Namun dikatakan, masalah pengangguran ini juga terkait dengan masalah pendidikan, kalau masalah pengangguran ini disebabkan atas dua hal, pertumbuhan ekonomi dan pendidikan.

Pemerintah harus menciptakan suasana investasi yang baik di Indonesia jadi investor mau memasukan investasinya di Indonesia. “Sekarang suasana investasi di Indonesia tidak sebagus di Vietnam, jadi kalau mereka punya uang lebih baik berinvestasi di Vietnam,” paparnya.

Masalah pendidikan juga menjadi kendala yang perlu dipikirkan, saat ini saja menurut Wardiman, yang mengenyam pendidikan menengah di Indonesia baru 40 persen, jadi ketika niat investasi ke Indonesia sudah ada, ternyata pekerjanya yang tidak memenuhi syarat pekerjaan.

“Menurut hemat saya pendidikan di Indonesia masih banyak yang perlu dikejar,” tegasnya kembali.

Wardiman masih bergerak di dunia pendidikan, selain sebagai ketua dibeberapa yayasan seperti, Yayasan SDM-Iptek dan Yayasan Putri Indonesia, pergerakannya didunia pendidikan ini sebagai pembicara yang diseminar dengan rata-rata peserta para guru. “Hampir tiap minggu diundang untuk menjadi pembicara bidang pendidikan,” pungkasnya. (Ant/OL-03)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: