Mahasiswa Diimbau Pulang seusai Belajar di Luar Negeri


TOKYO–MI: Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Dr Gumilar R Soemantri mengimbau agar mahasiswa yang sudah menyelesaikan pendidikannya di luar negeri segera pulang ke Indonesia ikut membantu pembangunan di Tanah Air.

Hal itu disampaikannya di hadapan puluhan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Persatuan pelajar Indonesia (PPI) Jepang dalam acara Tokyo Scholars Forum di di Tokyo, Senin (17/11).

Acara yang berlangsung di kampus Tokyo Institute of Technology itu merupakan dialog rutin bulanan yang digelar PPI Jepang wilayah Kanto (Tokyo dan sekitarnya) untuk memberikan wawasan bagi mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang.

Menurut Rektor UI termuda itu, dengan pulangnya para mahasiswa (terutama lulusan S3) ke tanah air, maka bisa membantu pembangunan peradaban bangsa, khususnya di dunia pendidikan secara nyata dan langsung. Kendati bukan berarti tetap tinggal di Indonesia setelah itu.

“Orang-orang terbaik Indonesia sebaiknya memang jangan semuanya berada di luar negeri. Walau saat ini bisa saja orang tetap bekerja di luar negeri dengan pemahaman sebagai duta bangsa,” kata pria kelahiran Tasiklamaya itu.

Dalam pandangannya, mahasiswa Indonesia bagaimanapun harus tetap memiliki rasa kebangsaan yang kuat apalagi di tengah situasi global seperti sekarang. Lagipula yang bersangkutan sesekali tetap bisa ke luar negeri dalam upayanya mempertahankan jaringan kerjasama yang sudah dimilikinya.

Menyinggung soal penyebab kondisi di tanah air yang tidak memungkinkan untuk menerapkan ilmu secara sempurna sepulangnya nanti. Gumilar dengan bersemangat mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan pembenahan terhadap dunia peruruan tinggi sebagai upaya untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Komitmen dari perguruan tinggi nasional sendiri jangan diragukan. Apalagi UI, yang kini mengarah untuk menjadi universitas riset, cukup mampu untuk menampung lulusan terbaik dari luar negeri,” kata Gumilar yang sejak diangkat menjadi rektor aktif menjalin kerja sama dengan universitas asing melalui program pertukaran mahasiswa. (Ant/OL-03)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: