Jendral Djoko Resmikan Prasasti PETA


Radar Tulungagung
BLITAR-Sejumlah menteri dan Panglima TNI datang ke Kota Blitar kemarin. Kedatangan petinggi negara tersebut meresmikan monumen PETA Blitar di eks Markas Peta. Petinggi yang hadir diantaranya, Mensos Bahtiar Chamsah, Menpora Adyaksa Dault, Tinton Suprapto, Ananda Mikola, Moreno Suprapto, Hutomo Mandala Putra alias Tomy Suharto dan Panglima TNI Djoko Santoso.

Para petinggi tersebut mendapat sambutan hangat masyarakat setempat. Kedatangan petinggi negara itu bertepatan dengan acara Muskomwil -IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan napak tilas kepahlawanan tingkat nasional.

Dalam sambutannya, Wali Kota Blitar Djarot Syaiful Hidayat mengatakan, pengaruh pemberontakan peta sungguh luar biasa, sehingga mampu membangkitkan semangat nasionalisme yang kuat dan mengakar dalam sanubari masyarakat Kota Blitar.

Untuk itu tidak berlebihan pemerintah bersama masyarakat bertekad, mewujudkan 6 tokoh lain dalam pemberontakan peta, melengkapi monument peta supriyadi yang sudah ada. Chudanco dr Suryo Ismangil, Shodanco Soeparjono, Shodanco Moeradi, Bhidanco Halir Mangkudijaya, Bhudanco Soedarmo, dan Bhudanco Soenanto

Terkait penandatanganan prasati monumen peta ini, pesan bung karno untuk jangan sekali- kali meninggalkan sejarah, biar terealisasi di Kota Blitar. Lebih dari itu Djarot menyatakan, artefak- artefak fisik sejarah di Kota Blitar semakin lengkap. Dengan begitu sebagai pewaris Supriyadi dan pahlawan peta lain, mampu manumbuhkembangkan rasa patriotik, nasionalis serta kebangsaan sebagai modal pembangunan. “Karena sesungguhnya, saat membangun monumen ini, kita juga memikirkan kelangsungan sejarah agar kelak dapat dinikmati para generasi muda penerus perjuangan bangsa,” katanya.

Djarot berharap, penandatangan ini muncul kepedulian pemerintah, terutama pemerintah pusat untuk mau membantu mewujudkan rencana Pemkot Blitar, membangun museum peta Supriyadi. Sehingga para generasi muda penerus perjuangan bangsa memiliki acuan yang pasti untuk melihat, mempelajari, sekaligus meneladani para perjuangan para pahlawan Bangsa.

Sementara penandatanganan prasasti monumen PETA Blitar di tanda tangani Panglima TNI Djoko Santoso, dan napak tilas dihadir 150 peserta, selain Wali kota Blitar Djarot Syaiful Hidayat. Prasasti marsekal TNI AU Djoko Suyanto S.I.P setelah penandatanganan prasati, acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi. Yaitu peletakan karangan bunga dimonumen peta dan monument potlot.

Sementara itu u sai diresmikannya Monumen PETA, Panglima TNI Djoko Santoso menyatakan, monumen PETA ini bisa menjadi pemicu semangat masyarakat untuk memupuk rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terutama, terhadap ancaman dari yang bersifat global maupun nasional, terutama ancaman terorisme yang saat ini menjadi perbincangan.

Menurut Djoko Santoso, terorisme merupakan sesuatu ancaman kita bersama, bukan hanya menjadi tugas TNI dan kepolisian saja dalam penangan terorisme. Namun, itu tugas seluruh masyarakat. Terorisme tidak hanya dihadapi dengan senjata, tapi dengan keadilan sosial, pembangunan dan sebagainya. “Langkah-langkah itu, dalam penanganan itu sudah kami bicarakan sewaktu konfensi panglima se Asia Pasifik di Denpasar Bali lalu.” terang Panglima TNI Joko Santoso.

Sementara itu, di tempat lain Hutomo Mandala Putra alias Tomy Suharto yang juga hadir dalam acara Peresmian Monumen PETA dalam Napak Tilas Kepahlawanan. Tomy saat disinggung terkait kabar pengangkatan Suharto agar termasuk sebagai Pahlawan Republik Indonesia. Putra Suharto tersebut mengatakan, itu hanya isu, kalau pihak keluarga tidak pernah menginginkan hal itu. “Yang penting bagi keluarga adalah semoga almarhum bapak khusnul khotimah itu saja . Alhamdulillah setiap hari ada sekitar 2000 orang yang berkunjung ke makam bapak.” kata Tomy usai peresmian. (tri)

About these ads
Posted in Tahukah Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 456,371 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: