Dari Workshop KTSP dan PTK yang Digelar SMPN 1 Blega


Radar Madura

Tingkatkan Kwalitas agar Siswa Tak Urban ke Kota

Berbagai cara dilakukan sekolah untuk meningkatkan kualitas guru. Tujuannya, agar kualitas lulusan semakin baik. Salah satu yang dilakukan adalah menggelar workshop.

TAUFIQURRAHMAN, Bangkalan

————

PREDIKAT sekolah pinggiran tidak menyurutkan semangat tenaga pendidik SMPN 1 Blega. Berbagai upaya yang dilakukan mampu meningkatkan status sekolah di ujung timur Kabupaten Bangkalan ini menjadi sekolah standar nasional (SSN).

Kini, tidak hanya peningkatan kuanlitas siswa yang dipikirkan. Namun, SMPN 1 Blega tidak henti-hentinya meningkatkan kualitas guru. Langkah yang dilakukan adalah menggelar workshop Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Acara tersebut berlangsung dua hari sejak 2 sampai dengan 3 Desember 2008. Kegiatan tersebut diikuti 63 peserta dari SMPN 1 Blega dan SMPN 1 Tanah Merah. Tujuannya, untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru yang punya tanggung jawab moral mendidik siswanya.

Nara sumber yang mengisi workshop dari LPMP Unesa. Acara tersebut dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Bangkalan Drs Setijabudi MM, perwakilan Komisi D DPRD Bangkalan Drs Amin Jakfar MMPd, dan Kasi SMP, SMA, SMK Darur Rohmah SH.

Pada kesempatan itu, Setijabudi mengatakan, terus bermunculan SSN diharapkan kualitas dan mutu pendidikan di Bangkalan semakin maju. Sehingga kualitas lulusannya juga bagus.

“Saat ini sekolah yang sudah berstatus SSN tidak hanya di kota saja. Tapi sekolah di kecamatan-kecamatan sudah banyak yang menyandang predikat SSN. Sehingga, siswa yang hendak melanjutkan sekolah tidak urban ke kota. Karena kualitas sekolah di kecamatan sama dengan kota,” kata Budi, panggilan akrab kadindik ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kasek) SMPN 1 Blega Drs R Amirullah MPd mengatakan, peningkatan kualitas sekolah pinggiran sudah baik. Ini bisa dilihat dari kemampuan siswa di bidang akademik. Sebagai bukti, dua tahun ini SMPN 1 Blega menjadi juara umum olimpiade sains nasional (OSN) biologi dan matematika.

“Pada 2007 dan 2008, SMPN 1 Blega menjadi juara umum dan berhak menjadi duta Bangkalan di OSN tingkat provinsi,” kata mantan Kasek SMPN Galis ini. (adv)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: