Puluhan Siswa Dilarang Ikut Ujian


Radar Yogya
Belum Bayar SPP, Nunggak Hingga Rp 1 Juta Lebih

BANTUL – Karena belum membayar SPP, puluhan siswa dilarang mengikuti ujian. Permintaan dispensasi penundaan pembayaran yang diajukan orang tua dan wali murid tidak meluluhkan sikap sekolah.

Siswa tetap dilarang mengikuti ujian. Kasus ini salah satunya terjadi di SMK Muhammadiyah Imogiri. Nur Syaifuddin, siswa kelas II jurusan otomotif terpaksa tidak bisa ikut ujian karena masih menunggak “utang” sebesar Rp 1.090.000.

“Padahal, saya sudah berjanji akan membayar dengan cicilan Rp 500 ribu dulu Jumat mendatang,” terang Tri Saryono, orang tua Nur Syaifuddin di Gedung DPRD Bantul kemarin.

Bersama orang tua lain, Tri warga Nogosari II Wukirsari Imogiri ini juga mengadukan masalah yang menimpa anaknya ke Bupati HM Idham Samawi. Namun, hanya ditemui asisten bupati.

Saat mengadu ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul, Tri juga mendapatkan jaminan. Dinas mengatakan tidak ada masalah.Yang penting ikut ujian dulu.

“Tapi, oleh sekolah tetap tidak boleh ikut ujian. Karena sudah jadi keputusan sekolah. Tidak boleh mengikuti ujian selama belum membayar kekurangan,” terangnya.

Mereka baru diperbolehkan ikut ujian setelah tanggungan berkurang hingga Rp 200 ribu. Selain SPP, siswa juga harus membayar biaya-biaya lain.

Karena tidak bisa ikut ujian yang, anaknya hanya berdiam di rumah. Bagaimana tanggapan sekolah? Kepala Sekolah SMK Muhamadiyah Imogiri Nur Wahyutoro membenarkan informasi tersebut.

Namun, Nur menyatakan keputusan tersebut telah disosialiasikan sebulan sebelum pelaksanaan ujian tanggal 1 Desember lalu. Kasus seperti cukup banyak. Sehingga, banyak orang tua yang meminta dispensasi.

“Akibatnya, kami harus menanggung sekitar Rp 300 juta,” terangnya.

Karena tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, pihaknya otomatis harus membiayai berbagai keperluan. Misalnya membayar gaji guru dan mengembangkan sekolah. (din)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: