Siswa SD Belajar dengan Penjagaan Polisi


SAMPANG–MI: Proses belajar-mengajar di SDN Robatal 1, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, menjadi terganggu akibat disegel pemilik tanah, sehingga seluruh muridnya mengikuti pelajaran di halaman sekolah dengan penjagaan aparat kepolisian.

Sejak Rabu (3/12) hingga saat ini, Minggu, sekolah tersebut masih disegel warga pemilik tanah dengan alasan status tanahnya masih disengketakan antara pemerintah dengan pemilik tanah.

Pemilik tanah menyegel sejumlah gedung sekolah tersebut termasuk SDN Robatal 1 dengan cara membuat palang kayu yang dipaku di setiap pintu ruang kelas sehingga siswa tidak bisa masuk.Hal serupa juga terjadi di SDN Batu Karang 1 Kecamatan Camplong.

Proses belajar mengajar di kedua SDN tersebut kini mendapat penjagaan ketat aparat kepolisian.

Anggota Polsek Robatal, Polsek Camplong dan Polres Sampang terlihat berjaga-jaga lewat dua shift. Bahkan selama proses belajar berlangsung pun, anggota polisi menjaganya dalam jarak kurang dari 20 meter.

Siswa-siswa itu belajar di ruang terbuka atau di teras gedung sekolah manakala terik matahari mulai menyengat para murid dan gurunya.

Kepala Polisi Sektor (Polsek ) Robatal AKP Aries Budiwiyanto mengatakan, pihaknya belum bisa membuka segel secara paksa karena khawatir terjadi konflik baru.

Pihaknya memilih menjaga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan menerjunkan beberapa anggota Polsek Robatal. “Saya bisa saja membuka segel itu. Tetapi demi situasi yang kondusif, saya melakukan penjagaan saja sambil menunggu penyelesaian,” kata Aries.

Sedang menurut penuturan pemilik tanah, H Subaidi, dirinya rela melepas tanah jika proses penyelesaian itu ditukar dengan pengangkatan dirinya sebagai PNS tahun 2008.

Tapi sebelumnya, pemilik tanah hanya meminta ganti rugi pemakaian selama 25 tahun silam sebagai uang sewa tanah. “Jika tidak diselesaikan tuntutan itu, segel jangan dibuka,” kata H Subaidi.

Bagi Kapolsek Aries, kepolisian mengambil sikap persuasif agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan dan menimbulkan persoalan baru. Pihak kepolisian, lanjutnya, menunggu proses penyelesaian dari pihak pemerintah Kabupaten Sampang.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 45 bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang tersebar di 10 wilayah kecamatan Kabupaten Sampang, terancam disegel anggota masyarakat, karena status tanahnya masih disengketakan antara pemerintah dengan pemilik tanah.

Tapi sementara ini, dua gedung SDN yang telanjur disegel dan ruang kelasnya tidak dapat digunakan siswa dan guru adalah gedung SD Negeri Batu Karang 1 Kecamatan Camplong dan SD Negeri Robatal 1 Kecamatan Robatal.

Ke-45 gedung sekolah yang terancam disegel warga adalah 13 gedung SDN di Kecamatan Robatal, tujuh SDN di Kecamatan Pangarengan, enam SDN di Kecamatan Kedundung, empat SDN di Kecamatan Sampang Kota, tiga SDN di Kecamatan Jrengik, tiga SDN di Kecamatan Ketapang, dua SDN di Kecamatan Sokobanah, satu SDN di Kecamatan Omben, dua SDN di Kecamatan Karangpenang dan sebuah SDN di Kecamatan Camplong.

Di tempat terpisah, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, Hermanto, mengaku telah menemui pemilik tanah di SDN Robatal 1, Subaidi. Saat ditemui beberapa waktu lalu, pemilik tanah mengaku belum mengetahui secara pasti akar persoalan tanah tersebut.

“Sekarang, saya meminta tim penyelesaian tanah itu segera bekerja dan menyelesaikan kasus tersebut agar KBM tidak terganggu,” kata Hermanto.

Ia mengaku belum mendapat informasi rinci soal tanah bermasalah. Sebab jabatan Kepala Dinas Pendidikan sudah berganti tiga kali dalam satu tahun ini. (Ant/OL-03)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,142 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: