SMKN 2 Depok Sleman Produksi Komputer ‘SMK Zyrex’


YOGYAKARTA–MI: Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Depok, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipercaya PT Zyrexindo Mandiri Buana merakit komputer ‘SMK Zyrex’.

Kepala Sekolah SMKN 2 Depok, Sutarto, Sabtu (29/11), mengatakan kegiatan ini merupakan program pembelajaran rintisan pusat bisnis manufaktur yang digagas Direktur Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depertemen Pendidikan Nasional sekaligus untuk melatih para siswa dalam pembelajaran rintisan sebagai pusat bisnis manufaktur.

“Kami mendapat kepercayaan mendapatkan dana bantuan kerja sama dengan mitra usaha PT Zirexindo Mandiri Buana untuk merakit komputer dengan tipe produk ‘SMK Zyrex’ termasuk memasarkannya,” katanya.

Ia mengatakan, bantuan dana tersebut digunakan untuk membeli komponen pada PT Zirexindo yang kemudian dirakit oleh para siswa SMKN 2 Depok untuk dipasarkan.

“Memang pemasaran produk ini masih untuk kalangan terbatas yakni internal dan lingkungan Dinas Pendidikan,” katanya.

Menurut dia, meskipun produk komputer ini hanya dipasarkan untuk kalangan terbatas, tetapi untuk kualitas maupun kerapian produk perakitan tetap diawasi PT Zirexindo.

“Kegiatan ini diawali dengan pelatihan dan pembinaan para guru di jurusan teknik komputer jaringan oleh PT Zirexindo, selanjutnya para guru ini membina dan mendampingi para siswa termasuk dalam standar kualitas,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini siswa SMKN 2 Depok dalam satu bulan mampu memproduksi atau merakit 20 unit komputer setiap bulan dan diharapkan dapat ditingkatkan lagi pada waktu yang akan datang.

“Diharapkan kegiatan ini tumbuh menjadi ‘home industri’ dan menciptakan wirausahawan dari para siswa. Kami juga bertekat nanti para siswa tidak hanya mampu merakit, tetapi juga menciptakan atau memproduksi komponen komputer mulai dari yang paling sederhana dan mudah hingga yang canggih,” katanya.

SMKN 2 Depok tahun depan juga akan melaksanakan program perakitan notebook, perakitan mesin “CNC miling” dan perakitan mesin “CNC lathe”.

“Sejumlah perusahaan nasional menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan SMKN 2 Depok untuk melatih siswa dalam pengembangan keahlian dan kemampuan,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (PLH) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Sunartono mengatakan apa yang telah dirintis SMKN 2 Depok Sleman ini merupakan program yang bagus untuk mendidik siswa sehingga bisa menjadi wiarausahawan.

“Seandainya instansi di Pemerintah Kabupaten Sleman dan seluruh sekolah membeli komputer produksi SMKN 2 Depok, maka dapat dihitung berapa komputer yang dapat dipasarkan,” katanya.

Ia menyontohkan, untuk dinas maupun instansi di Pemkab Sleman yang jumlahnya mencapai 25 instansi membeli masing-masing sepuluh unit komputer hasil rakitan siswa SMKN 2 Depok, maka diyakini akan mendukung pemasaran produk tersebut.

“Belum lagi jika seluruh sekolah mulai TK hingga SMA di Sleman membeli komputer ini setidaknya satu unit, maka berapa ribu komputer yang akan dapat dijual di daerah ini,” katanya.(Ant/OL-01)

Posted in Komputer, Pendidikan, Prestasi
3 comments on “SMKN 2 Depok Sleman Produksi Komputer ‘SMK Zyrex’
  1. Ip Purnomo says:

    Assalamu Alaikum
    Kebetulan saya orang Jogya, dekat dengan SMK ( dulu SMEA 2 ) Depok,
    Nah sekarang saya mengajar di program TKJ SMK 4 Makassar,
    Pingin belajar untuk dapat kerjasama dengan Zyrex, supaya dapat rakit komputer/laptop Zyrex juga nich.

    Menawi dipun paringaken, kula bade sowan,
    idhep idhep “pul-kam”
    Matur Nuwun …

  2. anis toha says:

    sebenarnya Program ini bantuan murni atau bantuan modal?
    bolehkah itu dipakai untuk praktek siswa?atau harus dijual lagi??

  3. hanif says:

    untuk laptopnya di bandrol berapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: