Masuk Fakultas Kedokteran Unpad Rp175 Juta


BANDUNG–MI: Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung menetapkan dana pengembangan untuk masuk Fakultas Kedokteran melalui program Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) 2009 sebesar Rp175 juta. Sedangkan jurusan Biologi Fakultas MIPA dipatok dana pengembangan terendah yakni Rp10 juta.

“Peminat mahasiswa baru yang masuk lewat SMUP terus meningkat setiap tahunnya. Selama tiga tahun terakhir tercatat sekitar 60.000 peminat,” kata Pembantu Rektor Bidang Akademik Unpad, Prof Dr Husein H Bhakti di Bandung, Rabu.

Ia menyebutkan peminat SMUP tahun 2007 lalu sebanyak 13.500 orang. Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran tahun 2009 ini akan menerima sekitar 3.144. Sementara daya tampung universitas itu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hanya sekitar 3.800 orang. “Unpad membuka dua jalur seleksi masuk Unpad, yakni SMUP dan SNMPTN” katanya.

SMUP merupakan jalur masuk calon mahasiswa baru secara mandiri yang digelar Unpad. Untuk tahun ini mekanisme pendaftarannya mulai Rabu (14/1) ini.

Untuk meningkatkan kualitas seleki mahasiswa baru, sistem seleksi dirancang untuk program S-1 menggunakan perpaduan tes kemampuan akademik (TKA, achievement test, dan Tes Kemampuan Belajar (TKB). Sedangkan untuk prorgam S2 dan S3 menggunakan perpaduan tes kemampuan Bahasa Inggris dan TKB advance. “TKB dirancang untuk mendeteksi potensi dan peluang calon mahasiswa dalam menempuh studi di perguruan tinggi dengan lebih baik,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Husein H Bhakti, melalui jalur SMUP diharapkan terjaring calon mahasiswa yang cerdas secara akademik, menyelesaikan studi tepat waktu dan mengembangkan diri secara optimum baik dalam aspek intelektual maupun emosional.

Pendaftaran SMUP dilakukan secara manual maupun online. Pendaftaran secara manual dilakukan 25 Februari hingga 21 Mei 2009, sedangkan pendaftaran manual 14 Januari hingga 7 Mei 2009 di sembilan kota yakni Kota Bandung, Bogor, Bekasi, Jakarta, Riau, Batam, Banjarmasin, Serpong, Serang, dan Cirebon. (Ant/OL-01)

Posted in PTN dan PTS
18 comments on “Masuk Fakultas Kedokteran Unpad Rp175 Juta
  1. micko says:

    175 juta itu sampe selesei kuliahnya?

  2. marisha says:

    apakah ada biaya tambahan lagi setelah Rp. 175jt tsb??..
    misalnya biaya sumbangan sukarela sebesar Rp. 5jt * …
    dan untuk titik2 tsb diatas,. apakah diperbolehkan untuk mengisi 1 atau 2 kali terhadap biaya 5juta tsb??,.

    ditunggu balasannya.. terimakasihh.. salam.

  3. mama cika says:

    anakku masih kelas 3 sd tapi aku ama papanya udah rencanain masuk kedokteran di bandung. Kira2 10 tahun lagi berapa duit ni nabungnya? mahal tapi wajib menurutku, kalo gak punya dana setengah milyar aku gak berani daftar nih. harusnya depdiknas dan dpr bikin peraturan dong yang berpihak pada masyarakat yaitu pendidikan yang terjangkau dari segi biaya, Kalo kuliah kedokteran mahal takutnya bukan mutu lagi yang dikejar tapi kemampuan finansial orang tua aja. kasian kalo menengah ke bawah tapi otaknya cerdas tetap gak bisa jadi dokter. biaya yang wajar2 aja it”s ok bagiku.

  4. miranti says:

    bedanya snmptn sm smup itu apa ?
    soal ujiannya ? atau prosesnya ? lebih mudah yang mana ya ?
    saya tertarik masuk kedokteran di bandung.
    tahun kemarin berapa kira2 yang mendaftar dan berapa yang diterima ?

    -makasih

  5. ayu miftakhun says:

    jalur masuk unpad itu cuman dari smup dan snmptn doang tha…???
    gk ada jalur laen…???
    masa’ ce dana masuk FK nya itu Rp 175 juta???
    klo jalur yang bisa meringankan bea masuknya tu jalur apa ya…??
    aq ingin sekali msuk FK tapi kok mahal y,,,,
    *_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 457,891 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: