UGM Peringkat 64 dari 100 Perguruan Tinggi Unggulan Asia


YOGYAKARTA–MI: Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menempati peringkat 64 dalam darfar 100 perguruan tingi unggulan Asia versi Webometrics untuk website yang beralamat di http://ugm.ac.id.

Kepala Pusat Pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi UGM Yogyakarta Bambang Prastowo, Kamis (29/1), mengatakan Webometrics dalam memberi peringkat pada perguruan tinggi atas dasar keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain website setiap perguruang tinggi. Pengumuman peringkat itu disampaikan pada Januari ini.

Untuk mengukur keunggulannya, digunakan empat indokator. Pertama, size (S) yaitu jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain website perguruan tinggi. Kedua, visibility (V) atau jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain perguruan tinggi.

Indikator ketiga, rich files (RF) yaitu relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi perguruan tinggi. Keempat, scholar (Sc), yaitu jumlah publikasi dan situs bermutu pada domain perguruan tinggi.

Data yang dikumpulkan dengan empat indikator tersebut diolah dan digunakan untuk memeringkat lebih dari 4.000 perguruan tinggi dari seluruh dunia. Daftar peringkatnya dikeluarkan dua kali setahun, yaitu pada setiap Januari dan Juli.

“Tahun 2008 kita berada pada peringkat 74 di Asia. Sedangkan tahun 2009 ini kita di peringkat 64 di tingkat Asia. Naiknya peringkat UGM ini karena semakin banyaknya komunitas UGM yang memanfaakan domain ugm.ac.id. Mereka tidak hanya mendownload informasi saja, tetapi juga mempublikasikan karyanya,” kata Bambang.

Ia juga menjelaskan, di level dunia UGM menempati peringkat 623 dari daftar 5.000 perguruan tinggi unggulan dunia. Disusul Institut Teknologi Bandung diperingkat 676 dan Universitas Indonesia pada peringkat 906.

Meskipun untuk tingkat Indonesia masih yang terbaik, ujarnya, update data untuk masing-masing fakultas masih belum maksimal. Solusinya ian akan membentuk komisi sistem informasi yang beranggotakan tim teknologi informasi dari tiap-tiap unit kerja. (SO/OL-01)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: