SDN 55 Bangun Dua Lab Multimedia


Kota Bima, Nusatenggaranews.com.-
Sukses meraih status sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), Sekolah Dasar Negeri (SDN) 55 Kota Bima terus berbenah meningkatkan kualitas mutu dan sarana penunjang. Saat ini, SDN 55 membangun dua laboratorium multimedia.

Kepala SD 55 Kota Bima, Usman Idris, SPd, mengatakan, upaya pembangunan laboratorium multimedia dilakukan untuk menunjang proses penyerapan siswa dalam praktik mata pelajaran TIK. Hal itu juga sesuai dengan tuntutan dalam menyandang SBI. “Dengan adanya laboratorium komputer kami berharap, siswa kami dapat menjadi lulusan yang handal yang tidak hanya memiliki kemampuan berbahasa Inggris, tetapi juga kemampuan penguasaan teknologi,” ujar Usman di sekolah setempat.

Dikatakannya, selain membangun laboratorium, secara sistematis setelah menyandang status SBI, sekolah itu akan menanggalkan pola pengajaran lama yang menggunakan metode klasik, dengan beralih ke sistem multimedia. Pengajaran akan dilakukan menggunakan sarana penunjang audio visual, sehingga proses transformasi ilmu pengetahuan optimal. Untuk menunjang itu, sekolah dipastikan akan menambah 28 unit komputer. “Memasuki semester dua beberapa waktu lagi, bagi kelas empat dan enam, sudah dapat secara maksimal mempelajari TIK,” ujarnya.

Selain sarana fisik, katanya, sekolah juga terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi seluruh guru bidang studi sesuai mata pelajaran yang diembannya. Seluruh guru juga diwajibkan mengikuti bimbingan di laboratorium bahasa Inggris minimal dua kali sepekan. Hal itu diperlukan karena SBI diarahkan untuk menyiapkan siswa yang memiliki kompetensi dan pengetahuan eknologi, sehingga siap melanjutkan pendidikan di dalam negeri maupun luar negeri.

Usman mengatakan, sesuai ketentuan SBI, seluruh tenaga pengajar harus memiliki kompetensi tinggi. Penguasaan bahasa Inggris dan multimedia. Jika tidak, guru yang sebelumnya, bernaung harus “angkat kaki” meninggalkan sekolah bertaraf itu. “Sesuai ketentuan, semua guru harus bisa memiliki kompetensi, kalau tidak sanggup harus keluar, karena itu tuntutannya,” katanya.
Untuk meningkatkan kompetensi, kata Usman, dalam waktu dekat ini akan melaksanakan studi banding pada sejumlah SBI lainnya. Selain untuk mengadopsi keberhasilan sekolah yang dikunjungi, hal itu diperlukan untuk mematangkan kemampuan seluruh guru sekolah setempat.

Saat ini, SD 55 Kota Bima tercatat memiliki 23 guru PNS dan 40 guru tenaga sukarela. Meski berstatus PNS guru yang tidak memiliki kompetensi dasar bahasa Inggris bisa terdepak. Secara umum, sesuai ketentuan penerapan status SBI, pengajar dapat direkrut dari tenaga sukarela maupun Honda professional.

“Daripada guru PNS yang tidak memiliki kompentensi, sekolah lebih membutuhkan guru sukarela yang memiliki standar kompetensi atau kemampuan mengajar lebih tinggi,” katanya.
Selain menyiapkan siswa yang berkompentensi, berbagai peningkatan juga dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa sehingga siap mengikuti olimpiade mata pelajaran tingkat internasional. Sebagai SBI setiap saat harus siap mengikuti lomba internasional.

Menyoal persiapan ujian, Usman mengatakan, SDN 55 telah menyiapkannya sejak lama. Tidak hanya dilakukan saat menghadapi ujian, namun dilakukan secara berkala. Sebagai SBI, SD 55 Kota Bima harus memiliki nilai ujian diatas yang diaih sekolah lainnya menggunakan standar nasional. (BE.17)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: