Guru bermutu tumbuhkan motivasi belajar siswa


WASPADA ONLINE

MEDAN – Guru yang memiliki penampilan menarik akan menumbuhkan motivasi belajar siswa serta kemauan untuk berprestasi.

“Sebuah studi di negara-negara berkembang menyebutkan guru turut serta memberikan sumbangan dalam prestasi belajar siswa 36 persen, manajemen 23 persen,waktu belajar 22 persen dan sarana fisik 19 persen,” kata Rektor Unimed Syawal Gultom, tadi malam.

Menurut Gultom, guru yang berpenampilan menarik itu mendorong siswa lebih mudah beradaptasi dengan pelajarannya. Sebab, reformasi apapun di bidang pendidikan seperti pembaharuan kurikulum, penyediaan sarana prasarana dan penerapan metode mengajar baru, tetapi tanpa guru bermutu dan berkualitas dan memiliki pribadi menarik semua ini akan sia-sia. Selain memiliki penampilan guru juga perlu tampil sebagai tenaga yang profesional.

Pemerintah sudah melakukan upaya sertifikasi dalam rangka meningkatkan profesional guru saat ini. Hal itu sesuai dengan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 dan PP N0 19 Tahun 2005 yang memunculkan komitmen pemerintah terutama Depdiknas untuk merevitalisasi kinerja guru.

Dikatakan, dengan profesionalisme itu, para guru menyadari bahwa sawah ladang mereka adalah otak siswa, karena itu seorang guru harus mengetahui pengetahuan apa yang harus diberikan kepada peserta didik. Berbekal kepribadian yang teguh, sabar,tulus dan iklas sangat diperlukan. Karena kedatangan siswa kesekolah untuk mendapatkan perubahan dalam dirinya. Berubah menjadi pintar, berubah menjadi berahlak dan perubahan prilaku.

“Guru harus menampilkan dalam dirinya kesabaran dan keiklasan mengajar agar ilmu yang sama bisa ditransfer kepada siswa,” katanya sambil menambahkan guru perlu memiliki sifat sosial maupun pedagogik yang lebih ditekankan mengerti bagaimana gaya mendidik siswa di kelas.

Sedangkan sertifikasi guru, menurutnya , sebuah proses yang harus dilalui untuk perolehan sertifikat pendidik, sepanjang mereka melaksanakan tugas sebagai guru sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Sertifikat pendidik ditandai dengan satu nomor registrasi guru yang dikeluarkan oleh Depdiknas.

Sertifikasi guru dalam jabatan bertujuan untuk, menetukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran serta meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan harkat dan martabat guru.

“Guru merupakan profesi yang dibutuhkan oleh semua manusia,terutama bagi yang hidup dalam abad modern sekarang ini dan masa depan untuk memasuki,menjalankan dan mengembangkan suatu profesi dengan karateristik di antaranya, seorang guru adalah agen pembelajaran untuk mengantarkan siswa menjadi cerdas sesuai dengan perubahan yang terjadi di lingkungannya secara selektif,” sebutnya.

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,142 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: