1.600 Guru Di Medan Lulus Sertifikasi, Yang Tak Lulus Bisa Ikuti Diklat


MEDAN (Berita): Guru di Medan yang telah lulus sertifikasi dan berhak mendapat tunjangan fungsional mencapai 1.600 lebih, 140 di antaranya guru swasta, sedangkan lainnya akan mengikuti Diklat.

“Bagi yang berusia 50 tahun lebih dan memiliki Pangkat IV A meskipun tidak S1 tapi memiliki pengalaman mengajar lebih 20 tahun tetap akan disertifikasi. Untuk anggaran ini, masih diusulkan ke APBD dan tinggal menunggu persetujuan panitia anggaran,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Medan Drs H Hasan Basri, MM kepada wartawan di Medan, Senin [09/02)].

Dijelaskannya, Dinas Pendidikan Kota Medan menargetkan pada tahun 2009 ini, akan memfokuskan kinerja programnya pada peningkatan mutu pendidik dan tenaga pengajar yakni dengan bekerjasama Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) untuk melaksanakan diklat bagi guru yang tidak lulus sertifikasi fortofolio.

“Kita sudah menemui Dirjen Tenaga Pendidikan di Jakarta dan segera melakukan diklat. Makanya, guru-guru yang tidak lulus sertifikasi fortopolio dan telah memenuhi syarat bisa mengikuti diklat,” ujarnya.

Dijelaskan Hasan Basri, fokus di bidang tenaga kependidikan yakni pengawas, Dinas Pendidikan Kota Medan akan mengikutsertakan mereka pada rapat kerja workshop. Sedangkan bagi pendidikan Non Formal, bagi tutor diberikan pelatihan khususnya 100 orang bekerjasama dengan PKK.

Hasan Basri menambahkan, kompetensi dan kesejahteraan guru harus bersamaan. Tahun 2009, Dinas Pendidikan mengalokasikan berkisar Rp 30 milyar diluar gaji untuk PNS dan 600 per tahun dari pemerintah pusat. Sedangkan terkait sarana dan prasarana, pihaknya mengalokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) di APBD dengan nilai Rp 38 milyar – Rp 39 milyar. Dana tersebut termasuk untuk mobiler sekolah, pengadaan halaman dan sanitasi.

“Kita berharap tahun 2010 fasilitas utama sekolah sudah terpenuhi semua, saat ini baru di tingkat SMA yang terpenuhi, sedangkan di tingkat Sekolah Dasar belum standard,” ujarnya.

Hasan juga mengakui ketika turun ke lapangan masih banyak sekolah belum tersentuh anggaran. Untuk itu, fasilitas tambahan perpustakaan dan laboratorium hendaknya juga dimasukkan dalam anggaran belanja sekolah. “Peran-serta masyarakat memajukan pendidikan juga sangat penting,” katanya. (irh)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,142 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: