Ijazah Lebih Cepat Selesai Diambil Alih Disdik Provinsi


PALEMBANG- Keterlambatan penyelesaian ijazah para lulusan SD, SMP, SMA/SMK mulai tahun ini tidak bakal terjadi lagi. Sebab, blangko pengadaan ijazah tersebut tidak lagi ditangani Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Mulai tahun ini, pengadaan ijazah dilimpahkan ke Dinas Pendidikan Provinsi.
Perubahan kebijakan itu tentu menguntungkan para lulusan sebab dengan cukup ditangani provinsi, tentu waktu tunggu makin singkat. Para lulusan pun bisa segera menggunakan bukti kelulusan tersebut. Baik dipakai melanjutkan ke jenjang berikutnya maupun untuk mencari pekerjaan bagi lulusan SMA/SMK.
”Kami berharap, seminggu setelah pengumuman kelulusan nanti, ijazah sudah diterima lulusan. Tenggang waktu yang singkat itu tentu memudahkan mereka,” Jelas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Drs H Ade Karyana MEd diwakili kasi layanan dan Informasi Disdik Sumsel Irianto SPd MM
Dikatakannya, setelah pengumuman kelulusan, blangko ijazah kosong bakal langsung dikirim ke sekolah-sekolah. Setelah itu, sekolah diberikan waktu paling tidak seminggu untuk menulis data siswa dalam lembar ijazah tersebut. Dengan demikian, sekolah diharapkan bisa segera membagikan ijazah itu kepada yang berhak.
”Sebelumnya, ijazah memang ditangani pusat. Karena itu, daerah harus menunggu cukup lama. Sebab, tidak langsung diberikan ke sekolah, tetapi diberikan ke provinsi dulu untuk dihitung dan dinomori,” ungkap Irianto kepada Sumatera Ekspres minggu (8/2)
Rasiyo mengungkapkan, berdasar pengalaman distribusi ijazah pada tahun-tahun sebelumnya yang masih terjadi keterlambatan,. ”Logikanya, yang ditangani pusat kan jumlahnya banyak sekali. Karena sekolah seluruh Indonesia. Nah, dengan ditangani provinsi, nanti menjadi lebih cepat,” katanya.
Bagi para lulusan, kecepatan penyelesaian ijazah itu memang sangat dibutuhkan. Bagi para lulusan jenjang SMA, misalnya. Ijazah tersebut bisa dipergunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Tahun lalu, persoalan ijazah itu juga menjadi salah satu kendala siswa dalam pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Pendaftaran sudah mulai, sedangkan ijazah para lulusan belum beres sehingga harus menggunakan surat keterangan lulus.
Kalau pelaksanaan ujian nasional (UN) jenjang SMA pada 20-24 April 2009, paling tidak ijazah mereka bisa diselesaikan sekitar minggu kedua Juni nanti. “Sehingga saat pelaksanaan SNMPTN, para lulusan SMA tersebut tidak lagi menggunakan surat keterangan lulus,” ungkapnya.
Hal itu juga mempermudah mereka saat berminat masuk sekolah-sekolah profesi. Di antaranya, STAN atau akademi pemerintahan. Begitu juga saat para lulusan memutuskan untuk bekerja selepas menempuh pendidikan di jenjang SMA (mg21)
sumatera ekspres online

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: