PENERIMAAN SISWA BARU: Seleksi Kelas RSBI Mulai Maret 2009


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Seleksi siswa baru SMPN 1 dan SMPN 2 Bandar Lampung untuk kelas rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) dilaksanakan lebih awal, yakni Maret 2009.

Kepala SMPN 1 Bandar Lampung Haryanto mengatakan pihaknya masih mencari formula terbaik agar pelajar yang memiliki potensi lebih bisa masuk kelas RSBI.

“Kami (kepala SMPN 1 dan 2 Bandar Lampung) masih mencari formula terbaik agar semua siswa yang berpotensi terjaring saat seleksi,” kata Haryanto di Bandar Lampung, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan pada seleksi kelas RSBI tahun lalu ada siswa yang berpotensi lebih tidak terjaring karena seleksinya dilakukan masing-masing sekolah. Siswa tersebut hanya mendaftar di SMPN 2 Bandar Lampung, tetapi tidak diterima. “Tahun lalu, proses seleksi dilaksanakan bersamaan sehingga siswa hanya bisa mendaftar di satu sekolah.”

Menurut Haryanto, ada siswa yang mendaftar di SMPN 2 Bandar Lampung memperoleh nilai kumulatif 75 tidak diterima. Sementara itu, siswa yang mendaftar di SMPN 1 dengan jumlah nilai 70 bisa diterima. “Kami tidak ingin kejadian tersebut terulang.”

Seleksi penerimaan siswa kelas RSBI berbeda dengan kelas reguler. Pada kelas reguler, siswa bisa memilih tiga sekolah sekaligus karena seleksi hanya dilaksanakan satu kali. Pada kelas RSBI, seleksi dilaksanakan berkali-kali. Oleh sebab itu, perlu pengkajian mendalam agar tidak ada siswa yang berpotensi lolos dan tidak masuk.

Syarat bagi calon siswa yang bisa mendaftar di kelas RSBI berpedoman surat Dirjen Dikdasmen No 169/C3/KP/2009 tanggal 19 Februari 2009. Yakni, siswa yang memiliki surat keterangan sehat jasmani, surat keterangan duduk di kelas VI SD, surat keterangan berkelakukan baik dari sekolah asal. Juga nilai rapor kelas III sampai VI untuk mata pelajaran IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia minimal 70.

Namun, sekolah dapat menentukan lebih tinggi nilai rapor sesuai dengan kondisi SD dan yang sederajat sekitar serta mempertimbangkan target jumlah anak yag akan diterima.

Seleksi akademis yang dilaksanakan tes tertulis meliputi MIPA, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum. Selain itu juga diadakan tes wawancara. Seleksi lainnya yang dilaksanakan adalah tes bakat, minat, dan kecerdasan (tes psikologi). Juga, wawancara dengan calon peserta didik dan orang tua. “Kami juga mengadakan tes kemampuan komputer dan bahasa Inggris,” kata dia. n UNI/S-1

Posted in Info, Pendidikan
One comment on “PENERIMAAN SISWA BARU: Seleksi Kelas RSBI Mulai Maret 2009
  1. naufal auzan says:

    gk da

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,204 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: