Ribuan Mahasiswa Dapat Beasiswa Penuh Pemerintah Aceh


Banda Aceh ( Berita ) : Sebanyak 1.114 mahasiswa asal Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) mendapat beasiswa penuh dari pemerintah setempat pada 2008 untuk melanjutkan pendidikan program pascasarjana maupun doktor di dalam negeri maupun luar negeri.

“Lebih seribu mahasiswa kita biayai kuliahnya secara penuh pada 2008,” kata Wakil Gubernur NAD Muhammad Nazar pada pelepasan mahasiswa ke Australia di Banda Aceh, Senin [09/02].

Beasiswa penuh tersebut dalam rangka memperkuat sumberdaya manusia (SDM) Aceh sehingga ke depan sumberdaya alam (SDA) yang dimiliki bisa dikelola langsung oleh orang Aceh.

Pada tahun 2008 , Pemerintah Aceh menyediakan dana sebesar Rp75 miliar untuk membiayai seribuan mahasiswa yang kuliah di berbagai perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri itu.

Program beasiswa penuh itu terus dilanjutkan, bahkan untuk 2009 dana yang dialokasikan oleh Pemerintah Aceh jumlahnya dua kali lipat dari tahun sebelumnya atau mencapai Rp150 miliar dengan harapan semakin banyak mahasiswa yang dapat menuntut ilmu hingga ke luar negeri.

“Kami berupaya keras untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh. Dengan memberi subsidi untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta dan beasiswa penuh sebagai investasi jangka panjang,” tambahnya.

Pada 2008, sebanyak 75 mahasiswa Aceh mendapatkan beasiswa penuh untuk belajar di berbagai perguruan tinggi di Jerman. Saat ini mereka sedang dilatih Bahasa Jerman di Malaysia.

Ketua Komisi Beasiswa Pemerintah Aceh, Qismullah Yusuf merincikan dari 1.114 mahasiswa yang memperoleh beasiswa penuh, sebanyak 646 di antaranya menuntut ilmu di luar negeri dan 438 di sejumlah universitas dalam negeri.

Menurut Qismullah Yusuf , sebenarnya pemberian beasiswa oleh Pemerintah Aceh telah dilakukan sejak 2004 namun tidak secara penuh yang sebagian besar dikirimkan ke Malaysia dan Timur Tengah.

“Sampai saat ini yang belajar di luar negeri masih ada 155 mahasiswa lagi seperti di Inggris sebanyak tiga orang, Rusia 10 orang termasuk 22 orang dokter spesialis,” kata Qismullah. Sementara beasiswa dalam negeri diberikan untuk guru terpencil, guru pendidikan agama, perbankan Islam serta dokter spesialis. ( ant )

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: