Satelit AS dan Rusia tabrakan


20090212075345_45469460_006767394-1_2031Satelit komunikasi milik Amerika dan Rusia bertabrakan di ruang angkasa yang merupakan kecelakaan semacam itu yang pertama.
Nasa mengatakan satu satelit milik perusahaan Amerika Iridium menabrak satu satelit Rusia yang sudah tidak digunakan dengan kecepatan hampir 780 km di atas Siberia.

Dampak kecelakaan ini terhadap Stasiun Ruang Angkasa Internasional dan peluncuran pesawat ulak alik yang direncanakan bulan ini dilaporkan tidak besar.

Tabrakan itu menyebabkan kumpulan reruntuhan besar, dan diperkirakan waktu berminggu-minggu untuk bisa menyebar.

Di sekeliling bumi terdapat ribuan benda buatan manusia yang mengorbit, namun kecelakaan ini diperkirakan tabrakan dua benda pertama.

Nasa kini menyisir ribuan potongan reruntuhan tabrakan itu dan berharap sebagian besar akan terbakar saat masuk ke atmosfir Bumi.

Peluncuran pesawat ulak alik

Kekhawatiran yang muncul sekarang adalah apakah reruntuhan kedua satelit itu akan menyebar dan membahayakan Stasiun Ruang Angkasa Internasional, yang mengorbit bumi sekitar 435 dibawa jalur tabrakan kedua satelit tersebut.

Harian Washington Post mengatakan, satu memo Nasa menyebut para pejabat memutuskan resiko itu “meningkat” tetapi memperkirakannya “sangat kecil dan masih dalam batas yang bisa diterima”.

Juru bicara Nasa John Yembrick mengatakan Stasiun Ruang Angkasa Internasional memiliki “kemampuan melakukan manuver untuk mengindari reruntuhan jika diperlukan”.

Dia mengatakan manuver pernah dilakukan delapan kali selama 60.000 kali mengorbit bumi.

Juga dilaporkan bahwa peluncuran pesawat ulak alik Nasa, Discovery, bulan ini tidak akan ditunda.

‘Sangat tidak biasa’

Perusahaan satelit Iridium, yang berbasis di Maryland, mengatakan perusahaan itu “kehilangan satu satelit” setelah ditabrak oleh satelit Rusia.

Perusahaan ini mengatakan pelanggan kemungkinan mengalami gangguan tetapi berusaha mengganti satelit yang diluncurkan tahun 1997, dengan salah satu satelit cadangan yang berada di orbit dalam 30 hari.

Iridium mengatakan kecelakaan itu “sangat tidak biasa, dan kemungkinannya sangat kecil”, dan menegaskan pihaknya bukan penyebab kecelakaan tersebut.

Sejumlah pejabat mengatakan satelit Rusia, yang diluncurkan tahun 1993, bergerak tanpa kendali.

Sejak tahun 1957 terdapat 6.000 satelit diluncurkan ke ruang angkasa dan sekitar 3.000 satelit masih beroperasi.

Posted in Tokoh & Pristiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: