24 Pulau Kecil di Indonesia Tenggelam


BIAK–MI: Kepala Subdit Pengelolaan Pesisir dan Lautan Terpadu, Departemen Kelautan dan Perikanan, Dr Subandono Diposaptono mengungkapkan, sekitar 24 pulau kecil yang tersebar di berbagai daerah Indonesia kondisinya tenggelam.

“Penyebab pulau-pulau kecil tenggelam dikarenakan berbagai hal, diantaranya akibat dampak pemanasan global, pengaruh pengerukkan pasir laut serta akibat bencana tsunami dan lain sebagainya,” kata Subandono Diposaptono pada Jumat (20/2), seusai sosialisasi rencana strategis pengelolaan wilayah pesisir di Biak.

Tak disebutkan pulau-pulau yang tenggelam tersebut dimana lokasinya. Hanya disebutkan sebagai contoh Pulau Nipah. Pulau tersebut merupakan bagian wilayah Batam, berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan sempat tenggelam. Tetapi kini mulai dilaksanakan kegiatan program reklamasi dan dilakukan Departemen Pekerjaan Umum.

Dengan memperhatikan perencanaan pulau-pulau kecil, menurut Subandono, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan wilayah pesisir terhadap ancaman kerusakan abrasi dan sebagainya.

Khusus untuk pulau Owi di Kabupaten Biak Numfor, lanjut Subandono, pemda Biak harus memberikan perhatian serta penanganan serius sebab berdasarkan pengakuan warga setempat setiap tahun telah terjadi pergeseran wilayah pulau itu berkisar dua sampai empat meter akibat kenaikan air laut.

“Hal ini terjadi disebabkan adanya pemanasan global, karena itu kita perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan di setiap wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil,” katanya.

Menyinggung penangan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia, lanjutnya, sesuai dengan UU No.27 tahun 2007 yang mengamanatkan bahwa pemda berkewajiban untuk melakukan perencanaan dan pengelolaan wilayah pulau kecil maupun wilayah pesisir.

Peran serta pemda bersama masyarakat, menurut Subandono, sangat penting. Hal itu perlu dilakukan mulai dari merencanakan, pemanfaatan, pengawasan dan pengendalian terhadap interaksi sumber daya pesisir dengan memanfaatkan pulau-pulau kecil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI. (Ant/OL-02)

Posted in Tokoh & Pristiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: