Pemerintah tidak Diskriminasikan PTS


PEKALONGAN–MI: Mendiknas Bambang Soedibyo menegaskan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (UU BHP) tidak akan mendiskriminasikan perguruan tinggi swasta (PTS). Pasalnya, perguruan tinggi negeri (PTN) dan PTS yang bisa membuktikan bisa memberikan layanan baik akan dibantu oleh pemerintah.

“Pendidikan itu adalah tanggung jawab negara dan bukan tanggung jawab yayasan. Itu artinya, jika yayasan tidak menyelenggarakan pendidikan maka negara tidak apa-apa dan tidak akan menyalahkan yayasan,” kata Mendiknas Bambang Sudibyo saat meresmikan gedung baru lantai tiga Universitas Pekalongan (Unikal), Rabu (18/2).

Namun, kata Mendiknas, jika negara tidak menyelenggarakan pendidikan, maka rakyat akan menuntutnya. Mendiknas juga menyempatkan diri untuk menghadiri Dies Natalis ke-1 FKIP Unikal.

Ia mengatakan, pendidikan adalah tanggung jawab negara dan bukan tanggung jawab swasta, tetapi sistem yang dianut adalah pihak Diknas memberikan peluang yang sebesar-besarnya bagi swasta untuk ikut berpartisipasi menyelenggarakan pendidikan.

Namun, katanya, untuk bisa seperti itu, yang bersangkutan harus konsekuen menyediakan lahannya, membangun gedung, membayar dosen, dan menyediakan prasarana lain. “Itu semua menjadi tanggung jawab yayasan yang ikut berkiprah,” katanya.

Menurut dia, jika yayasan sudah menyelenggarakan seperti itu, maka negara tidak akan ikut mengatur berapa biaya yang ditetapkan bagi mahasiswa. Namun, hal itu tidak berlaku bagi sekolah negeri karena yang menyediakan sarana dan prasarana pendidikan negeri adalah pemerintah.

Ia mengatakan, sebagai apresiasi negara pada swasta maka dalam UU Sisdiknas, pihak Pemerintah dapat membantu swasta tetapi sifatnya tidak harus. “Jadi hukumnya, sunah,” katanya. Namun, kata Mendiknas, meskipun pendidikan itu tanggung jawab negara, tetapi juga memberikan peluang kepada swasta untuk berkiprah untuk meringankan tugas negara.

“Kami berharap perguruan tinggi swasta di Pekalongan itu bisa menjadi perguruan yang baik dan bermutu sehingga pemerintah akan mendukung terus. Semakin sukses Unikal berkiprah, maka juga semakin besar pula dukungannya dari Pemerintah dan Pemerintah daerah,” katanya. (Ant/OL-06)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: