NASA akan Luncurkan Discovery 12 Maret 2009


CAPE CANAVERAL–MI: Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, Rabu (25/2) menetapkan 12 Maret sebagai tanggal untuk peluncuran pesawat ruang angkasa Discovery setelah empat kali terlambat.

Penerbangan yang pertama dari lima yang direncanakan untuk tahun ini, telah ditunda sebanyak empat kali karena kekhawatiran rusaknya katup penutup bahan bakar yang ditakutkan bisa meledak dan merusak ruang angkasa. Tiga katup yang ada di Discovey berfungsi untuk menjaga tekanan di tangki bahan bakar.

Misi Discovery kali adalah untuk membawa sayap panel solar untuk pembuatan stasiun ruang angkasa senilai 100 milyar dolar yang merupakan proyek dari 16 negara selama lebih dari satu dekade. Menurut rencana, NASA akan melakukan delapan misi untuk melengkapi perakitan stasiun tersebut yang diprediksi akan selesai pada 2010.

Pihak NASA memutuskan untuk mengganti katup Discovery yang belum sempurna tersebut agar menjadi lebih kuat dan tahan dari kerusakan. Pada penerbangan terakhir NASA November tahun lalu, satu keping dari satu katup rusak, sehingga menimbulkan pertanyaan apa yang akan terjadi jika yang copot adalah bagian yang lebih besar.

Katup sendiri beroperasi untuk mengatur aliran hidrogen cair kembali ke dalam tangki bahan bakar untuk mempertahankan tekanan.

Juru bicara NASA, Kyle, Herring mengatakan manajer merencanakan akan mengadakan pertemuan lagi pada 4 Maret untuk melihat kemajuan. Selanjutnya mereka akan mengadakan pertemuan 6 Maret untuk menetapkan tanggal peluncuran resmi.

Namun untuk peluncuran Discovery nanti, NASA tetap akan melihat jadwal dari peluncuran kapsul Rusia, Soyuz yang dijadwalkan akan meluncur akhir bulan Maret ini agar tidak terjadi bentrok.

Karena direncanakan Discovery akan berada diluar angkasa selama 10 hari sebelum sebelum Soyuz tiba. Jika cuaca atau masalah teknis menggangu peluncuran pasa 12 atau 13 Maret, NASA dapat memutuskan untuk memulai pada 14 Maret atau 15, tetapi mungkin harus memotong satu atau dua hari dari misi.

Jika Discovery belum siap untuk terbang pada bulan Maret, selanjutnya kesempatan untuk memulai akan 7 April, setelah Soyuz berangkat.(Rtr/OL-02)

Posted in Tokoh & Pristiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: