UNDIP Peringkat Empat PT Terbaik Indonesia


SEMARANG–MI: Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menempati posisi keempat perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Time Higher Education Suplement (THES) 2009, setelah UGM, UI, dan ITB.

Rektor Undip, Prof. Susilo Wibowo di Semarang, Kamis (26/2), mengatakan, posisi Undip pada 2009 memang terlempar dari 500 universitas terbaik dunia versi THES, namun untuk ukuran nasional masih menempati posisi 3-4 berdasarkan kelompok disiplin ilmu.

THES mengelompokkan bidang keilmuan menjadi lima klaster, yakni “Arts and Humanities”, “Engineering and Information Technology”, “Life Sciences and Biomedicine”, “Natural Sciences”, dan “Social Sciences”.

Pada semua klaster, Undip menempati posisi keempat dengan peringkat satu hingga tiga dikuasai tiga perguruan tinggi terkemuka, yakni UGM, UI, dan ITB.

Pada kelompok Ilmu Kedokteran, posisi Undip di tingkat dunia malah berada di urutan 301-400, sedangkan empat klaster lainnya Undip bercokol pada urutan 401+500, kecuali pada “Natural Sciences” yang berada pada posisi di atas 500.

Pada 2009 yang masuk peringkat 500 dunia hanya tiga PT yakni, UI, ITB, dan UGM. Undip pada 2008 keluar dari posisi 500 besar dunia, padahal pada tahun 2006 dan 2007 masih masuk 500 PT terbaik dunia versi THES. Versi Webometrics, posisi Undip malah di atas 3.000 dari perguruan tinggi dunia.

“Web Undip masih kekurangan konten karena belum semua materi yang dimiliki dosen dimasukkan dalam web. Kalau sudah dimasukkan, terutama dari dosen Fakultas Kedokteran, kami yakin peringkat Undip semakin baik,” kata Susilo Wibowo.

Ia menyebutkan, saat ini 14.000 PT di dunia sudah memasukkan web mereka untuk bersaing dengan PT lainnya. Jumlah tersebut akan terus bertambah, sebab belakangan ini PT dari Amerika Latin dan Arab juga banyak yang memasukkan web mereka untuk bersaing dengan PT lainnya.

“King Abdul Aziz University banyak merekrut dosen terkemuka dari perguruan tinggi terkenal. Tujuannya, karya mereka semakin banyak yang bisa diakses melalui web sehingga kunjungan ke web ini juga melonjak,” kata Susilo.

Menurut dia, untuk meningkatkan performa dan memperkaya konten, Undip pada 2009 menyediakan dana yang memadai, agar web yang dimiliki lebih menarik sehingga banyak dikunjungi pengakses. “Kemampuan berbahasa Inggris para dosen juga harus ditingkatkan,” katanya.

Pembantu Rektor IV Undip, Muhammad Nur mengatakan, perbaikan web tersebut ditargetkan bisa mendongkrak posisi Undip pada posisi 100 terbaik berbasis web di Asia.(Ant/OL-01)

Posted in PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,145 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: