Bahasa Indonesia Tersulit


Evaluasi Tryout SD/MI Kota Malang

MALANG – Sebanyak 3.700 siswa kelas VI SD/MI se-Kota Malang kemarin mengikuti tryout ujian nasional (UN) di GOR Ken Arok. Para siswa itu berpacu untuk mengerjakan 120 soal dari tiga mata pelajaran; matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia.

Kasi kurikulum TK SD Dinas Pendidikan Kota Malang Suwarjana mengatakan, tryout dikemas berbeda dengan tryout mandiri yang sudah tiga kali digelar sebelumnya di sekolah masing-masing. “Biasanya, tiga mata pelajaran itu tiga hari, kemarin itu hanya satu hari,” katanya.

Menurut dia, dalam tryout tersebut memang sengaja dibuat berbeda dengan yang sebelumnya. Agar siswa terlatih mengerjakan soal banya dalam satu waktu dengan bobot soal yang sama dengan saat ujian sesungguhnya. Jika cara ini mereka sudah bisa, maka diharapkan mereka akan semakin mudah mengerjakan UN yang sesungguhnya.

Swarjana mengatakan, dari berbagai tryout yang dilakukan, kelemahan siswa adalah saat mengerjakan Bahasa Indonesia. Banyak siswa yang jeblok pada mata pelajaran itu. Mereka banyak yang kesulitan dengan model soal Bahasa Indonesia yang menggunakan model pemaparan.

Selain bahasa Indonesia, IPA juga jeblok. Soal yang terlalu luas membuat siswa tidak semuanya bisa mengerjakan. Kondisi ini berbalik dengan tryout SMP dan SMA, yang justru banyak jeblok pada mata pelajaran matematika. “Untuk anak SD mengerjakan soal matematika ini justru tidak terlalu susah, karena sudah pasti,” jelasnya.

Untuk hasil tryout, panitia masih akan mengoreksi dengan komputerisasi. Dijadwalkan dalam waktu satu minggu lagi sudah bisa diketahui hasilnya.

Sementara, tahun ini, kata Suwarjana, jumlah siswa SD yang mengikuti UN sebanyak 12.800-an. Mereka akan mengikuti UN mulai 11 Mei nanti. Dia berharap, semuanya bisa lulus seperti tahun sebelumnya. Untuk itu, dia meminta agar para guru bidang studi bisa memberikan tambahan pendalaman terhadap mata pelajaran yang diujikan. Supaya para siswa semakin siap menghadapi UN yang sesungguhnya.

Sementara, regional sales manager PT Asaba, distributor resmi steadler Yanson Gunawan mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian PT Asaba kepada para siswa. Menurut dia, PT Asaba bersedia membantu peralatan UN untuk semua tingkatan sekolah yang ingin menggelar tryout. “Silakan membikin proposal, kami siap membantu,” ujarnya. (lid/war)

Posted in Bahasa Indonesia, Pendidikan, Prestasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: