ITB-IFP Prancis Buka Program Beasiswa Magister


BANDUNG–MI: Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerjasama dengan Perancis Institute Francais du Petrole (IFP) serta perusahaan minyak asal Perancis Total Group kembali membuka pendaftaran program beasiswa magister insinyur bidang perminyakan.

Budi Suryodiputro, Penasehat Pendidikan dan Pengembangan di Corporate Communication Covernment Relation dan CSR division Total E&P Indonesie mempresentasikan program beasiswa pada stand BP Migas di arena pameran IPTEKS Dies Emas ITB 2009 di kampus Jalan Ganesha, Rabu (4/3).

Angkatan pertama tahun 2008 cukup sukses dan kami membuka kesempatan lagi untuk angkatan baru tahun 2009. Rencananya rogram ini hanya menerima sampai angkatan 2010, selanjutnya akan ada program lain,” kata dia.

Beasiswa tersebut memungkinkan para lulusan teknik terutama teknik perminyakan untuk menjadi insinyur bidang perminyakan tingkat magister profesional kelas dunia.

“Latar belakang program ini adalah permintaan profesional bidang minyak dan gas (migas) semakin meningkat, khususnya perusahaan migas asing,” kata dia.

Program yang ditawarkan antara lain program beasiswa total dengan ikatan dinas selama 38 bulan dan biaya-biaya lain yang ditanggung oleh Total. Program kedua berupa program beasiswa tambahan, tanpa ikatan dinas yang memungkinkan adanya sponsor tambahan dari perusahaan lain.

Kerjasama dengan perusahaan migas lain dilakukan dengan pengeriman karyawan atau mahasiswa pilihan perusahaan lain seperti pada angkatan tahun 2008 yang berjumlah 25 mahasiswa terdiri dari 17 orang dari Total, 4 orang dari Pertamin, 2 orang dari BP Migas, dan 2 orang dari Schlumberger.

Total memberikan 20 tempat tiap angkatannya, tahun lalu 2 orang mengundurkan diri dan 1 orang sakit keras,” kata Budi.

Kesempatan ini dibuka tidak hanya untuk lulusan ITB tetapi juga untuk lulusan S1 Teknik diseluruh perguruan tinggi di Indonesia. Asalkan memiliki IPK minimal 3,0, minimal TOEFL 500, lulus tes potensi akademi dengan nilai minimal 500 dan lulus proses perekrutan melalui wawancara.

Struktur kurikulum dipadatkan 18 bulan atau 3 semester dengan 12 SKS setiap semesternya. Pada semester 2 atau 3, mahasiswa diberi kesempatan orientasi lapangan dengan pengawasan dari pihak ITB.

Pendaftaran dibuka mulai Maret 2009 dan ditutup 13 April 2009 di loket beasiswa, Campus Center ITB, Bandung.

“Kami berharap ada kerjasama selanjutnya dengan perusahaan migas lain sehingga bibit insinyur perminyakan tingkat magister Indonesia dapat bermunculan dari program ini,” kata Budi Suryodiputro.(Ant/OL-06)

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,213 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: