Melihat Siswa MI Mambaul Ulum Membuat Suplemen Organik untuk Ternak


Cari Bahan Baku dari Pekarangan Rumah, Hasilnya Dibawa Pulang

Minuman suplemen tidak hanya dikonsumsi manusia. Binatang ternak juga membutuhkan minuman penambah vitamin tersebut. Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Huda mampu membuat suplemen berbahan organik untuk ternak.

MAS Tricahyono- RaTu

—————————————–

Puluhan siswa berkumpul di teras sekolah agama yang berada di Desa Buntaran, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung, dua hari lalu. Mereka sibuk mengupas rempah-rempah yang menumpuk di ember hijau. Mulai dari kunir, kencur, jahe, lengkuas dan sebagainya. Berbagai rempah-rempah itu bahan membuat suplemen organik untuk hewan ternak.

Di samping kerumunan siswa, terdapat dua drum plastik yang ditempeli tulisan awas cairan berbahaya. Beberapa siswa membuka drum, kemudian mengaduk-aduknya cairan yang terdapat di drum. Tercium bau menyengat dari cairan berwarna kuning itu.

Ya, puluhan siswa sedang praktik membuat minuman suplemen organik untuk ternak. “Jika sudah berhasil, nantinya (hasil praktik, red) akan dibawa pulang untuk diberikan kepada ternak milik kami,” ujar Hasib, siswa kelas IV MI Mambaul Ulum.

Hasib menuturkan, bahan pembuatan suplemen organik mudah didapatkan. Mereka mencari sendiri aneka rempah-rempah di pekarangan rumah masing-masing. Kemudian dikumpulkan di madrasah. “Saya membawa satu tas kresek kencur dan lengkuas,” ucap Hasib.

Lantas bagaimanakah cara pembuatannya? “Juga gampang kok,” ucap bocah usia 10 tahun itu. Bahan terdiri dari kunir, kencur, jahe dihaluskan lalu dicampur dengan air kelapa. Kemudian disimpan dalam drum plastik. Setelah itu, diaduk hingga rata. Lalu drum palstik berisikan cairan yang sudah tercampur rempah-rempah itu ditutup selama 20 hari.

Setelah 20 hari, baru air larutan suplemen layak diberikan kepada ternak. Sebelumnya diberikan kepada ternak, sebaiknya larutan disaring terlebih dulu. Pasalnya, ampas dari larutan suplemen bisa dimanfaatkan untuk pupuk. “Kata guru pembimbing, ampas itu bagus untuk pupuk tanaman hias,” ungkap Hasib.

Zainal Mualifin, salah satu guru pembimbing menuturkan, suplemen minuman organik dapat membantu penggemukan sapi. Hal itu, karena suplemen berbahan organik ini dapat membantu mengoptimalkan metabolisme hewan. Selain itu, juga untuk antibodi ternak. Pasalnya, di dalamnya terdapat tiga unsur NPK. Yakni Nitrogen, Pospat dan Kalsium. “Unsur-unsur ini sangat dibutuhkan bagi kesuburan ternak. Suplemen ini layak juga untuk ternak kategori kecil seperti ayam, bebek, kelinci dan lain sebagainya,” katanya.

Tujuan memberikan materi tersebut, menurut Makrus Ali selaku kepala MI Mambaul Ulum, karena mayoritas pendudukan di Desa Buntaran sebagai peternak. Juga dalam rangka memberikan pembelajaran dan kemandirian siswa. “Meskipun masih usia dini, kami didik siswa agar menjadi mandiri paska menempuh belajar di madrasah ini. Mengenai bagaimana mengembangannya, biarkan mereka mencari sendiri. Semoga bermanfaat bagi semua,” terang Makrus. ***

Posted in Pendidikan, Prestasi
One comment on “Melihat Siswa MI Mambaul Ulum Membuat Suplemen Organik untuk Ternak
  1. ada dech says:

    oix…0ix…. bech salut dech

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,901 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: