Siswa Kurang Mampu Bisa Masuk UI


JAKARTA–MI: Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan masuk Universitas Indonesia (UI) melalui jalur Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) dijamin dapat bisa kuliah di UI asalkan calon mahasiswa itu lolos dalam SIMAK UI.

”UI tidak melakukan diskriminasi kepada pesertanya, hingga membiayai perkuliahan lebih mahal. Hal pertama adalah, dia talented (berbakat), dan lulus dalam tes SIMAK UI,” ujar Rektor UI Prof Gumilar Rusliwa Somantri kepada pers, di sela-sela pemantauan SIMAK UI, di SMA Negeri 68, Jakarta, Minggu (1/3).

Gumilar menegaskan, bagi calon mahasiswa yang masuk dengan lulus SIMAK UI untuk S-1 reguler, jika ada atau tidak punya uang, maka langsung saja mendaftar. ”Jadi, jangan takut tidak bisa kuliah di UI, kita cari yang terbaik dan berkualitas, bahkan kita upayakan untuk mendapatkan beasiswa penuh, cuma ini hanya untuk kelompok S-1 reguler,” kata Gumilar.

Mengenai anggaran yang disiapkan untuk itu, Gumilar mengutip tahun lalu yang mencapai Rp 20 miliar untuk melakukan subsidi silang bagi mahasiswa kurang mampu. Dari anggaran Rp 20 miliar itu, ada sekitar 56 anak yang benar-benar membayar uang pangkal Rp 0, dan biaya per semester cuma Rp 100 ribu per semester. Selebihnya, ada yang biaya uang pangkalnya dan biaya kuliahnya ditekan serendah mungkin, sesuai kemampuan calon mahasiswa. (Sdk/OL-02)

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,065 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: