Demam ‘Facebook’ Landa Warga Palu


PALU–MI: Dalam kurun sebulan terakhir ini, Kota Palu, Sulawesi Tengah, dilanda demam facebook. Sebagian besar pengguna jasa internet dapat dipastikan membuka situsnya, di samping website lainnya.

Demam facebook di ibu kota Sulawesi Tengah ini muncul karena selain makin banyaknya pengguna situs jejaring sosial tersebut, juga masyarakt sudah mulai jenuh dengan situs serupa, seperti friendster atau penggunaan mailing list.

Arif, 23, seorang PNS di Palu, Minggu (22/2), menyatakan penggunaan facebook sangatlah mudah, begitu pula dengan cara pembuatan akunnya. “Tidak ribet dan cepat,” ujarnya. “Setiap orang yang mempunyai alamat email pasti bisa membuka akun baru di facebook secara gratis.

Dia juga mengatakan facebook sangatlah bermanfaat, seperti bisa menambah teman baru sehingga bisa saling bertukar informasi. “Bahkan facebook juga bisa menjadi ajang pencarian pasangan,” katanya.

Pengguna facebook lainnya, Purnama, mengatakan situs tersebut memudahkannya untuk berkomunikasi dengan suaminya yang saat ini berada di Gorontalo. “Dengan facebook kita bisa ngobrol (dengan cara chatting) secara murah,” kata karyawati swasta itu.

Bahkan di setiap warung internet/warnet dan sejumlah instansi yang dilengkapi fasilitas internet hampir dipastikan membuka situs facebook sembari mengakses situs lainnya.

Sementara itu, Anshari, seorang guru SMA di Palu merasa khawatir dengan perkembangan facebook tersebut terhadap pelajar di wilayahnya.

Menurutnya, keseringan bermain internet akan membuat pelajar lupa waktu belajar sehingga mempengaruhi prestasi di sekolahnya. “Yang penting, pelajar dapat menggunakan facebook secara positif, lebih-lebih untuk menunjang kegiatan belajar,” katanya mengimbau.

Facebook sendiri diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika. Tujuan awalnya adalah sebagai media untuk saling mengenal antarsesama mahasiswa Harvard.

Dalam waktu dua pekan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki akun di facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan facebook dan akhirnya berkembang luas seperti sekarang.

Dalam perkembangannya, saat ini diperkirakan terdapat penambahan sekitar 100 ribu akun baru setiap harinya di seluruh dunia. Lebih 25 juta pengguna aktif diperkirakan juga menggunakan facebook setiap harinya.

Rata-rata setiap pengguna menghabiskan waktu sekitar 20 menit per hari untuk melakukan berbagai aktifitas di facebook, tak terkecuali di Kota Palu. (Ant/OL-06)

Posted in Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 469,976 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: