Kapoltabes Serahkan Polsekta Medan Labuhan, Belawan dan Hamparan Perak ke Polres KP3 Belawan


Belawan (SIB)
Terkait dengan keributan/tawuran antar warga yang kerap terjadi di kawasan Jalan TM Pahlawan Kelurahan Belawan, Polres Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) dan jajarannya seperti Polsekta Belawan, Medan Labuhan dan Hamparan Perak diminta untuk lebih banyak melakukan pembinaan terhadap generasi muda untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang lebih baik.
Hal tersebut dikatakan Kapoldasu Brigjen Pol Badrodin Haiti pada acara Serah Terima Tugas dan Tanggungjawab Wilayah Hukum Polsekta Medan Labuhan, Belawan, Hamparan Perak dan Pos Lantas Belawan serta Pos Lantas Titipapan Medan Deli dari Kapoltabes Medan ke Kapolres KPPP Belawan di Mako Polres KPPP Belawan, Kamis sore (12/3).
Lebih lanjut Kapoldasu mengatakan, tidak ada alasan menjadikan kawasan Kota Pelabuhan Belawan menjadi tidak aman apabila seluruh personil kepolisian memiliki kesiapan yang tinggi. Selain itu, para ulama, tokoh pemuda dan masyarakat dapat diajak bekerjasama menciptakan suasana kondusif di Belawan.
Seperti diketahui, beberapa hari yang lalu telah terjadi tawuran antar warga di Jalan TM Pahlawan yang berlangsung hampir sepanjang malam hingga subuh hari.
Sayangnya menurut Kapoldasu, ketika ia menghubungi Kapolres KPPP Belawan AKBP Robert Harianto dan Kapoltabes Medan Imam Margono mereka tidak mengetahui adanya kejadian tersebut dan ternyata setelah dilakukan pengecekan peristiwa dimaksud memang ada. Selanjutnya, aksi tawuran antar warga tersebut dapat diredam.
Sebelumnya Kapoldasu Brigjen Badrodin Haiti mengatakan, serah terima 3 Polsekta dan 2 Pos Lantas dari Poltabes Medan kepada Polres KPPP Belawan (Pemekaran Polres KPPP Belawan) karena wilayah hukum Polres KPPP yang terdiri dari Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Perikanan Samudera Gabion yang telah bertaraf internasional tidak dapat terpisahkan dari perairan Belawan dan Hamparan Perak.
Selain itu, dari aspek sosiologi, wilayah hukum Polres KPPP tidak terlepas dari wilayah Kecamatan Belawan dan mengingat aktivitas pelabuhan berada di wilayah KPPP sedangkan gudang penimbunan barang atau kawasan berikut maupun Kawasan Industri Medan (KIM) yang menjadi bagian dari kegiatan kepabeanan berada di wilayah Polsekta Medan Labuhan dan Belawan kerap menjadi kendala dalam pengawasan arus lalu lintas barang keluar masuk Pelabuhan Belawan.
Sedangkan pertimbangan lain, Belawan dikenal sebagai Kota Pelabuhan yang dahulunya merupakan wilayah distrik yang mencakup Labuhan Deli dan Hamparan Perak serta adanya instansi militer dan sipil antara lain, Lantamal I Yon Marinir, Pomal, Koterm B/TNI AD, Sub Denpom, Kanwil I Bea dan Cukai, Kantor Imigrasi, Kejaksaan Negeri, Kantor Administrator Pelabuhan (Adpel) dan PT Pelabuhan Indonesia I Belawan.
Pada kesempatan tersebut Kapoldasu juga menyampaikan terimaksih kepada PT Pelabuhan Indsonesia I Belawan yang telah memberikan areal yang cukup luas untuk membangun Mako Polres KPPP Belawan yang direncanakan pembangunannya akan dimulai tahun depan. (M20/x)

Posted in Info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,065 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: