Dispendik Siap Gelar UASBN


PONOROGO – Persiapan Dinas Pendidikan (Dispendik) Ponorogo menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tidak ada kendala lagi. Setelah melakukan seleksi dan pemantapan pengawas, dispendik bakal segera melantik pengawas yang terpilih.

Kepala Dispendik Ponorogo Dwikora Hadi Meinanda mengatakan jumlah pengawas yang disiapkan mencapai 2..366 orang. Dengan rincian, pengawas SLTP dan MTs sebanyak 1.454 orang, SMA dan MA berjumlah 628. Sisanya, 284 pengawas dipersiapkan untuk SMK. ”Peserta yang akan mengikuti UASBN sekitar 35.500 siswa. Seluruh pengawas diambil dari tenaga pendidik di sekolah yang bersangkutan,” kata Dwikora, saat dikonfirmasi koran ini, kemarin (7/4).

Dalam pelaksanaan UASBN yang rencananya akan dihelat 20-24 April mendatang, juga melibatkan Tim Pemantau Independen (TPI) dari perguruan tinggi. Sesuai kesepakatan bersama Universitas Muhamadiyah (Unmuh) Ponorogo ditunjuk sebagai TPI rayon 19 Jawa Timur. ”Tidak hanya TPI yang kami libatkan. Lembaga yang terkait juga turut andil di dalamnya. Seperti polres, Dewan Pendidikan dan Departemen Agama (Depag),” terangnya.

Dengan harapan, UASBN kali ini dapat berlangsung sukses. Tanpa ada kecurangan terkait kebocoran soal ujian. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada indikasi penyimpangan ataupun kesalahan prosedur. ”Untuk itu kami harus proaktif koordinasi dengan pihak-pihak yang juga berwenang dalam UASBN kali ini,” paparnya.

Disinggung masalah anggaran, Dwikora mengungkapkan tidak ada permasalahan. Untuk sekolah dasar dan sederajat bakal menggunakan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Begitu pula dengan anggaran UASBN untuk SMP dan sederajat. Sedangkan, untuk SMA dan SMK berasal murni APBN. ”Besar kecilnya kami belum dapat memastikan. Hanya sumbernya sudah ditentukan,” tegasnya.

Hal senada ditambahkan Sudarmadji, Kepala Seksi SMA dan SMK. Pengawasan pada sekolah penyelenggara UASBN akan dilakukan sistem silang murni. Artinya dispendik akan mengacak mereka. ”Siswa dari SMA akan diawasi oleh pengawas dari guru-guru MA. Begitu pula sebaliknya,” pungkasnya.(dip/sad)

Posted in Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,065 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: