Pembahasan Kenaikan SPP Mahasiswa Baru Unair 2009/2010 Sudah Final


SURABAYA – Universitas Airlangga (Unair) telah menyiapkan draf terbaru kenaikan SPP untuk mahasiswa baru angkatan 2009/2010. Rencananya, draf tersebut akan diteken Rektor Unair Fasicul Lisan dalam tempo dua minggu ke depan.

Kabar rencana penandatanganan SK kenaikan SPP itu dibenarkan Wakil Rektor I Prof Muhamad Zainudin Apt. Menurut dia, pembahasan tentang angka kenaikan SPP untuk mahasiswa baru angkatan 2009/2010 sudah final. “Besaran kenaikan SPP itu seperti yang sudah direncanakan, yakni disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing fakultas,” katanya.

Dibandingkan dengan SPP sebelumnya, jumlah yang harus dibayar oleh mahasiswa baru nanti mengalami kenaikan bervariasi. Kenaikan tertinggi bahkan mencapai 80 persen. Misalnya, SPP jurusan IPA yang semula Rp 700 ribu nanti menjadi sekitar Rp 1,25 juta. Sedangkan SPP jurusan IPS yang semula Rp 600 ribu menjadi Rp 1 juta. Namun, ada pengecualian untuk fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) serta fakultas ilmu budaya (FIB). SPP untuk mahasiswa baru tidak Rp 1 juta, tapi Rp 800 ribu. “Sekali lagi, besaran kenaikan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing fakultas dan sudah melalui pertimbangan dekan” tutur Zainudin.

Dia menambahkan, besaran kenaikan SPP Unair tidak bisa diubah lagi. Namun, pemberlakuannya tetap menunggu penetapan Rektor Unair Fasichul Lisan. “Kemungkinan, dalam dua minggu ini, rektor akan mengeluarkan SK. Yang pasti, semua proses penetapan harus sudah tuntas bulan ini. Dua bulan lagi kan penerimaan mahasiswa baru,” ujarnya.

Rencana kenaikan jika SPP Unair juga dibarengi tuntutan dari kalangan mahasiswa. Berdasar hearing mahasiswa masing-masing fakultas dengan BEM Unair pertengahan Maret lalu, ada sejumlah usul dan evaluasi tentang sarana dan prasarana.

Di fakultas kedokteran (FK), para mahasiswa mengeluhkan peralatan praktikum yang proporsinya tak sebanding dengan jumlah mahasiswa. Di fakultas sains dan teknologi, beberapa mahasiswa mengeluhkan ruang perkuliahan dan praktikum yang sangat jauh dari ideal. Padahal, fakultas itu baru saja menambah tiga program studi baru. Yakni, ilmu teknologi lingkungan, teknobiomedik, dan S-1 sistem informasi.

Di FISIP, beberapa dosen mengajar dengan cara merangkap jam perkuliahan. “Kenaikan SPP itu harus diimbangi dengan sarana prasarana yang memadai,” ujar Riki Triandono, mahasiswa jurusan Sosiologi FISIP Unair.

Dia mencontohkan banyaknya dosen selebriti (jarang mengajar dan sibuk menggarap proyek di luar kampus, Red) yang masih marak bercokol di seluruh fakultas. ”Ada dosen yang merangkap jam kuliah dari tiga pertemuan dijadikan satu pertemuan. Itu berimbas pada kualitas pendidikan yang diterima oleh mahasiswa,” ujar pria angkatan 2005 asal Padang tersebut.

Berdasar fakta tentang ketidakpuasan mahasiswa itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unair berencana meminta dialog ulang dengan pihak kampus. Apalagi, Unair pernah berjanji mengadakan dialog lanjutan dengan mahasiswa sebelum kebijakan itu digedok. “Sikap kami menolak tegas kenaikan SPP,” ujar Presiden BEM Unair Ahmad Faiz Khudlarie Thoha.

Sementara itu, Presiden BEM FISIP Unair Aswin Bahar Muhammad mengaku sudah mendengar bahwa dalam waktu dua minggu kebijakan kenaikan SPP Unair itu akan disahkan rektor. Aswin juga menjelaskan, Unair yang diwakili Direktorat Keuangan telah melakukan sosialisasi-sosialisasi ke masing-masing fakultas akhir Maret lalu. “Sosialisasi itu dilakukan secara diam-diam dan dipaparkan singkat. Saya tidak bisa bertanya banyak di sosialisasi tersebut,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya akan menemui rektor Unair Senin nanti (13/4). “Kami siap menemui rektor untuk berdialog secara langsung. Intinya, kami menolak kenaikan SPP berapa pun besarnya,” ujar mahasiswa jurusan antropologi angkatan 2006 tersebut. (alb/fat)

Posted in Pendidikan, PTN dan PTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives
Categories
April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
SEO MONITOR
Blog Stats
  • 470,031 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 5 other followers

%d bloggers like this: